Abstract:
Strategi promosi secara umum dapat diketahui terdiri dari beberapa
macam konsep promosi yang biasa lebih dikenal dengan nama bauran promosi
(promotion mix), salah satu komponennya adalah periklanan. Keberadaan iklan
dalam mengenalkan dan mempromosikan sebuah produk akan lebih efektif bila
produk yang dipromosikan tersebut memiliki identitas tertentu atau merek tertentu
yang membedakannya dengan produk kompetitor. PT Industri Jamu Borobudur
menggunakan periklanan televisi dengan memakai sebuah jingle untuk
menciptakan kesadaran merek (brand awareness) produk. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui bagaimana hubungan antara jingle iklan televisi Mastin Ekstrak
Kulit Manggis dengan brand awareness produk pada Mahasiswa.
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana hubungan pesan verbal dan
nonverbal dalam iklan dengan unaware of brand, bagaimana hubungan pesan
verbal dan nonverbal dalam iklan dengan brand recognition, bagaimana
hubungan pesan verbal dan nonverbal dalam iklan dengan brand recall,
bagaimana hubungan pesan verbal dan nonverbal dalam iklan dengan top of
mind. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan
korelasional agar hasil yang didapat dapat menggambarkan hubungan antara
jingle iklan dengan brand awareness. Hasil penelitian secara keseluruhan
diketahui bahwa jingle iklan memiliki hubungan dengan brand awareness produk
Mastin hanya saja pesan verbal dalam iklan dengan brand recall dan top of mind
tidak memiliki hubungan serta pesan nonverbal dengan unaware of brand dan
brand recognition juga tidak memiliki hubungan.