dc.description.abstract |
Koperasi syariah merupakan sebuah konversi dari koperasi konvensional
melalui pendekatan yang sesuai dengan syariat Islam dan peneladanan ekonomi yang
dilakukan Rasulullah dan para sahabatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas pelayanan, tingkat kepuasan anggota koperasi terhadap kualitas
pelayanan, dan pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota di
KOPSYAKARDOS UNISBA.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif analisis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan faktafakta
yang ada, kemudian dilakukan pengambilan sampel dari suatu populasi dan
digunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok untuk analisis.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan di
KOPSYAKARDOS UNISBA secara keseluruhan memiliki angka yang tinggi,
sedangkan untuk semua dimensi kualitas pelayanan (tangibles, realibility,
responsiveness, assurance, dan emphaty) juga memiliki angka yang lebih dari 50%.
Tingkat kepuasan anggota KOPSYAKARDOS UNISBA memiliki nilai sebesar
81,00%, yang berarti anggota merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Faktor
dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan anggota secara signifikan
di KOPSYAKARDOS UNISBA adalah dimensi reliability, sedangkan faktor yang
tidak mempengaruhi kepuasan anggota secara signifikan di KOPSYAKARDOS
UNISBA, yaitu dimensi tangibles, responsiveness, assurance, dan emphaty. |
en_US |