Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Media Relations Humas Skk Migas Sebagai Sarana Komunikasi Publik

Show simple item record

dc.date.accessioned 2016-11-29T07:29:13Z
dc.date.available 2016-11-29T07:29:13Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5321
dc.description.abstract Salah satu cara humas dalam membentuk citra yaitu dengan menjalin hubungan baik dengan media massa yang dikenal juga dalam public relations yaitu media relations. Media relations bisa diartikan, “merupakan bagian dari eksternal PR yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi” (Iriantara, 2005:32) Dalam melakukan media relations, terdapat strategi media relations yaitu: mengelola relasi, mengembangkan relasi, dan mengembangkan jaringan. Penelitianini berjudul “Strategi Media Relations Humas SKK Migas Sebagai Sarana Komunikasi Kepada Publik”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya memetakan media yang dilakukan oleh SKK Migas sebagai sarana komunikasi publik, langkah-langkah mengelola relasi dengan media massa yang dilakukan oleh humas SKK Migas sebagai sarana komunikasi publik, untuk mengetahui cara mengembangkan relasi dengan media massa yang dilakukan oleh humas SKK Migas sebagai sarana komunikasi publik, untuk mengetahui cara menetapkan program yang dilakukan oleh Humas SKK Migassebagai sarana komunikasi publik. Data untuk penelitian ini didapat dari wawancara mendalam dengan Kepala Urusan Hubungan Media SKK Migas dan staff Urusan Hubungan Media SKK Migas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca kasus korupsi yang menimpa SKK Migas, Humas SKK Migas memiliki strategi khusus dalam mengelolarelasi yaitu menjalin kontak regular dengan para pembentuk opini dari akademisi maupun praktisi melalui bantuan media.Kemudian, dalam mengembangkan strategi Humas SKK Migas memiliki taktik khusus serta kebijakan yaitu KPI (Key Performance Indicator) menjadi target kinerja bagi setiap divisi Humas. Program yang berjalan mengenai media relations juga sudah berjalan baik. Namun setelah ditelaah lagi dari hasil wawancara dengan para wartawan media, menunjukkan bahwa beberapa program media relations yang Seharusnya gencar dilakukan, frekuensinya malah agak menurun pasca kejadian tersebut. Hal itu dikarenakan pasca kasus tersebut kinerja dari para staff Humas agak menurun, keterbatasan mekanisme anggaran dana dan terpaku dengan program-program yang sudahada. Dengan kondisi tersebut, Humas SKK Migas terus melakukan perbaikan perbaikan kinerja dan meningkatkan lagi kreatifitasnya untuk membuat strategi strategi serta taktik khusus dalam melaksanakan media relations serta dalam menanggapi pemberitaan negatif. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.title Strategi Media Relations Humas Skk Migas Sebagai Sarana Komunikasi Publik en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account