Abstract:
Sekolah swasta Darul Ilmi adalah salah satu lembaga islam yang
kegiatan pendidikannya bergerak di bidang pendidikan Sekolah Dasar yang
bertujuan menyiapkan generasi penerus yang beriman, berilmu, dan berakhlak
mulia dengan berpedoman pada Al-Quran dan Sunnah membangun lembaga
pendidikan islam yang berkualitas, mengembangkan potensi, kemampuan dan
kesejahteraan sumber daya manusia. Lembaga Darul Ilmi hanya mendirikan
Sekolah Dasar. SD Darul Ilmi menggunakan kurikulum Depdiknas ditambah
kurikulum yang diambil dari kurikulum madrasah Tsanawiah yaitu Bahasa Arab,
Aqidah Akhlak, Al-Quran-Hadist, Fiqih dan Tarikh. Dalam pelaksanaannya SD
Darul Ilmi menerapkan sistem full-day school. Full day school merupakan
program pendidikan yang lebih banyak menghabiskan waktu anak di sekolah.
Anak biasanya menghabiskan sekitar 5 jam perhari, tetapi dengan penerapan full
day school, anak harus di sekolah sampai 8 atau 9 jam perhari. Siswa yang berada
di kelas VI ini memiliki beberapa tuntutan yaitu siswa harus berprestasi dan
mempertahankan prestasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
gambaran children well-being pada siswa kelas VI Sekolah Dasar full-day Darul
Ilmi Bandung. Pengumpulan data berupa kuesioner childrens well-being dari
teori Subjective well-being Diener, kemudian dimodifikasi oleh ISCIWeb yang
dilihat dari 8 domain, yaitu satisfaction with material thing, satisfaction with
interpersonal relationship, satisfaction with area living in, satisfaction with
health, satisfaction with time organization, home satisfaction, satisfaction with
school, dan personal satisfaction dan terdiri dari 92 item pertanyaan. domain yang
dominan dimaknakan puas atau memperoleh nilai 100% adalah pada domain
satisfaction with material things, satisfaction with area living in, satisfaction with
school, satisfaction with health dan personal satisfaction. Sedangkan domain
yang dominan rendah dimaknakan puas atau memperoleh nilai 60% adalah
domain satisfaction with time organization.