Abstract:
Sekolah Dasar Negeri Haurpancuh Bandung merupakan salah satu sekolah
dasar negeri yang berada di kota Bandung, yang mencoba menerapkan kurikulum
2013. Selama pelaksanaan kurikulum 2013 ini siswa banyak mengalami
penurunan prestasi belajar, pekerjaan rumah diselesaikan sekolah, tidak
memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan, dan siswa menjawab soal
ulangan dengan asal.
Maksud penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara
penyesuaian akademik dengan prestasi belajar, dalam upaya meningkatkan proses
belajar siswa melalui pengaturan waktu, strategi kegiatan belajar, cara
mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, dan mempersiapkan karir siswa
SDN Haurpancuh Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data
empiris mengenai keeratan hubungan antara Penyesuaian Akademik dengan
prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDN Haurpancuh Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional
dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data yang
dilakukan dengan menggunakan alat ukur kuesioner dan nilai raport siswa selama
2 semester. Data yang diperoleh berupa data ordinal dengan perhitungan uji
korelasi spearman. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh angka korelasi antara
penyesuaian akademik dan prestasi belajar sebesar r = 0.531 termasuk ke dalam
kategori korelasi cukup. Artinya ada hubungan yang cukup erat antara
penyesuaian akademik dengan prestasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDN
Haurpancuh Bandung.