dc.contributor |
Fakultas Syariah |
|
dc.creator |
Wardhani, Fitri |
|
dc.creator |
Nurhasanah, Neneng |
|
dc.creator |
Fitriah, Epi |
|
dc.date |
2015-08-09 |
|
dc.date.accessioned |
2016-12-05T09:57:06Z |
|
dc.date.available |
2016-12-05T09:57:06Z |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1089 |
|
dc.identifier.uri |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1089 |
|
dc.description |
Lembaga amal zakat DPU DT memiliki tujuan yaitu penghimpunan dana zakat. Strategi pemasaran yang dipilih DPU DT yaitu dengan strategi diferensiasi. Melalui strategi ini DPU DT berusaha menjadikannya berbeda dengan lembaga amil zakat lainnya. DPU DT memiliki program yang berbeda dengan lembaga amil zakat lainnya yaitu program pilar dakwah. Penerapan strategi diferensiasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan nominal penerimaan dana zakat di DPU DT. Tetapi pada tahun kedua setelah diterapkannya strategi diferensiasi, penerimaan dana zakat mengalami penurunan sebesar 7,48%. Metode penelitian yang digunakan disini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dan metode verifikatif dengan meneliti pelaksanaan strategi diferensiasi dan menganalisa pengaruhnya terhadap tingkat penerimaan dana zakat di DPU DT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, studi dokumentasi yang berupa laporan keuangan dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan penerapan strategi diferensiasi yang dilakukan manajemen DPU Daarut Tauhiid Kota Bandung dalam perspektif para muzzaki masuk kedalam kriteria baik. Peningkatan penerimaan dana zakat di Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Kota Bandung secara umum meningkat. Peningkatan rata-rata penerimaan dana zakat selama periode 2010 sampai dengan 2014 sebesar 6,85%. Kontribusi dari strategi diferensiasi yang dilakukan DPU Daarut Tauhiid Kota Bandung terhadap penerimaan dana zakat DPU Daarut Tauhiid sebagai lembaga amil zakat adalah 25,8%. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh sebesar 25,8%. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Proceedings of Finance & Islamic Banking |
|
dc.publisher |
Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1089/pdf |
|
dc.source |
Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 139-146 |
|
dc.source |
Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 139-146 |
|
dc.source |
2460-2159 |
|
dc.subject |
Perbankan Syariah |
|
dc.subject |
Zakat, Strategi, Diferensiasi,dan Muzzaki |
|
dc.title |
PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP PENERIMAAN DANA ZAKAT PERIODE 2010-2014 DI DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID KOTA BANDUNG |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Artikel yang dipeer-review |
|
dc.type |
Kuantitatif |
|