Universitas Islam Bandung Repository

PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN BERLABEL HALAL PADA MASYARAKAT MUSLIM BUMI ASRI (STUDI KASUS PADA SB MART BUMI ASRI)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Syariah
dc.creator Rufaidah, Afifah
dc.creator Fauziah, Eva
dc.creator Tresnati, Ratih
dc.date 2015-08-09
dc.date.accessioned 2016-12-05T09:57:32Z
dc.date.available 2016-12-05T09:57:32Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1077
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1077
dc.description Bisnis ritel merupakan bisnis yang semakin berkembang dan banyak diminati. Banyaknya bisnis ritel yang berada di kawasan tersebut, menyebabkan timbulnya persaingan di antara para pelaku usaha ritel. Untuk menghadapi persaingan yang ada, SB Mart Bumi Asri melakukan pelaksanaan komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien untuk mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian di SB Mart Bumi Asri. Jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus, yaitu penelitian yang berfungsi mengetahui suatu fenomena, gejala, yang khas atau unik dari suatu individu kelompok, atau objek sosial lainnya. Sehingga dapat diperoleh suatu deskripsi yang rinci mengenai fenomena atau gejala tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang pengunjung SB Mart Bumi Asri. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi pemasan di SB Mart Bumi Asri dinilai baik meliputi aspek brosur, diskon dan kupon, tanggapan konsumen tentang komunikasi pemasaran di SB Mart dinilai baik karena konsumen telah merasakan komunikasi pemasaran yg dilakukan SB Mart Bumi Asri, tingkat keputusan pembelian dinilai cukup baik karena masyarakat Bumi Asri yang bermayoritas beragama Islam belum terlalu paham akan pentingnya makanan dalam kemasan berlabel halal, dan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar 0,727 (R = 0,727), koefisien determinan (R-Square/ ) sebesar 52,9%. Artinya pengaruh komunikasi pemasaran secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/perbankan_syariah/article/view/1077/pdf
dc.source Proceedings of Finance & Islamic Banking; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 132-138
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 1, No 2, Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah (Agustus 2015); 132-138
dc.source 2460-2159
dc.subject Perbankan Syariah
dc.subject Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian
dc.title PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN BERLABEL HALAL PADA MASYARAKAT MUSLIM BUMI ASRI (STUDI KASUS PADA SB MART BUMI ASRI)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Verifikatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account