Abstract:
TRANS TV merupakan salah satu stasiun televisi yang ada di Indonesia,
stasiun televisi baru yang dapat menyaingi televisi yang telah berdiri lebih awal
dari TRANS TV. TRANS TV memiliki banyak karyawan dan karyawati yang
masih muda-muda, maka secara tidak langsung sajian yang dimiliki TRANS TV
lebih up to date dari stasiun televisi lainnya, karena di sajikan oleh kaum muda
yang memiliki kreatifitas luas dan tidak tertinggal jaman. TRANS TV telah
merubah logonya sebanyak empat kali, logo yang pertama sampai ketiga memiliki
identitas yang sama, sedangkan logo yang baru ini dilihat dari segi warna sangat
berbeda dan saat ini logo dari TRANS TV lebih ellegant dan lebih mengikuti
jamannya (modern).
Tujuan penelitian untuk mengetahui penanda, petanda, dan makna logo
PT. Televisi Trnsformasi Indonesia (TRANS TV) Periode 2013 dilihat dari
corporate identity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan
untuk mengetahui makna apa saja yang terkandung dalam logo TRANS TV
periode 2013 dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand Saussure secara
penanda dan petanda.
Kesimpulan dari makna penanda pada logo TRANS TV 2013
menggunakan berlian pada huruf “A” yang dipadukan dengan campuran warna
warna kuning, hijau, biru dan ungu dengan maksud me-refresh logo lama yang
hanya didominasi warna biru. Makna petanda yaitu nilai-nilai yang terkandung di
dalam logo TRANS TV 2013, berupa gambaran kekuatan, keabadian, kebaruan,
kemewahan dan kreatifitas yang tercermin dalam program baru yang lebih
fenomenal untuk menghibur dan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai
khalayak penontonnya. Perubahan logo TRANS TV sebagai corporate identity
masih mempertahankan bentuk berlian namun visualisasinya berubah dari fokus
terhadap bentuk menjadi lebih tertuju pada esensi berupa warna dan kilauan
berlian yang merepresentasikan keragaman karakter maupun program TRANS TV
sesuai dengan keberagaman yang ada di Indonesia.