dc.contributor.author |
Yusra, Bunga Chaira |
|
dc.date.accessioned |
2015-09-22T06:00:19Z |
|
dc.date.available |
2015-09-22T06:00:19Z |
|
dc.date.issued |
2015 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/605 |
|
dc.description.abstract |
Industri kosmetika di Indonesia saat ini terdiri dari 81 perusahaan untuk
kategori perusahaan kosmetika kecil-menengah, dan 33 perusahaan besar,
sehingga menimbulkan persaingan yang cukup ketat di kalangan industri tersebut.
Salah satu perusahaan yang memproduksi alat kecantikan dan memiliki
segementasi khusus yaitu alat kosmetik bagi muslimah adalah PT Zoya Fashion
Industry. Pengembangan dan pemasaran produk alat kecantikan atau kosmetika
Muslimah di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung saat ini memiliki
kendala yang salah satunya adalah keterbatasan pemahaman mengenai nilai-nilai
pemasaran produk berdasarkan etika bisnis yang bernafaskan Islam. Nilai-nilai
etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam perlu diterapkan secara maksimal,
sehingga berimplikasi pada penambahan nilai lebih dari produk-produk Zoya itu
sendiri. Di satu sisi potensi pangsa pasar dari produk kecantikan Zoya adalah
umat muslim dan muslimah secara khusus sangat besar. Hal ini tentu saja menjadi
peluang bagi PT Zoya Fashion Industry untuk meningkatkan penjulan produknya
terutama produk Kosmetika Muslimah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pemasaran menurut
nilai-nilai etika bisnis Islam, implementasi kegiatan pemasaran produk Kosmetika
Muslimah Zoya yang diterapkan di PT Zoya Industry Cabang Bandung, dan
tinjauan nilai-nilai etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan program pemasaran
produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya Fashion Industry Cabang Bandung.
Metode penelitian yang digunakan disini adalah kualitatif deskriptif
meneliti pelaksanaan program pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT
Zoya Fashion Industry Cabang Bandung ditinjau dari perspektif nilai-nilai etika
bisnis Islam. Tehnik penelitian menggunakan pendekatan kualitatif meninjau
sejauh mana kesesuaian pemasaran produk Kosmetik Muslimah Zoya di PT Zoya
Fashion Industry Cabang Bandung dengan nilai-nilai etika bisnis Islam.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pemasaran menurut
nilai-nilai etika bisnis Islam berlandaskan pada prinsip keadilan,antarodhin,
atta‟awun. Implementasi pemasaran produk kosmetik PT.Zoya menerapkan
strategi bauran pemasaran terpadu yang sesuai dengan nilai-nilai keadilan,
antarodhin,atta‟awun. Kegiatan pemasaran produk Kosmetik PT.Zoya telah
sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis Islam. Hal ini terlihat dari nilai-nilai etika bisnis yang dilakukan di PT.Zoya yang tidak mementingkan pihak perusahaan. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si. |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Syariah (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
: Etika, Bisnis, Kosmetika, dan Muslimah. |
en_US |
dc.title |
Tinjauan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Terhadap Pelaksanaan Program Pemasaran Produk Kosmetik Muslimah Zoya Pada Pt Zoya Fashion Industry Cabang Bandung |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |