Universitas Islam Bandung Repository

Upaya Perencanaan Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra Di Kelas VII Mts Al-Musyawarah

Show simple item record

dc.contributor.author Septiana, Vina
dc.contributor.author Al Ghazal, Sobar
dc.contributor.author Surbiantoro, Eko
dc.date.accessioned 2015-09-23T04:11:24Z
dc.date.available 2015-09-23T04:11:24Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/2254
dc.description.abstract Kelemahan siswa dalam kelancaran membaca Al-Qur’an akan berpengaruh terhadap rendah tingginya pemahaman akan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian lebih dan membutuhkan sebuah langkah dari seorang pendidik, karenanya siswa yang seharusnya memahami materi pembelajaran melalui bacaan Al-Qur’an, malah mendapat kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan dalam membaca al-qur’an dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat agar siswa dapat memperhatikan dan menangkap cara membaca al-qur’an dengan baik. Proses pelaksanaan Pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an pada siswa Kelas VII. Metode yang digunakan pada minggu ke 5 ini adalah metode Picture and picture dengan menggunakan Audio Visual yang bertujuan untuk membantu siswa agar mudah mengingat huruf-huruf Al-Qur’an terutama huruf Hijaiyah. Kegiatan yang dilakukan pada minggu ke 5 itu adalah pertemuan pertama yang direalisasikan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang telah peneliti buat untuk kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan dalam empat tahapan yaitu : Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan,Pengamatan Hasil Pembelajaran dan Refleksi pembelajaran. Hasil dari pengamatan pembelajaran dan refleksi akan dijadikan evaluasi untuk menjadikan perbaikan pada pertemuan selanjutnya. Upaya yang dilakukan agar bisa mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an adalah menggunakan media picture and picture dibantu dengan media audio visual agar siswa dapat memahami pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan cepat setidaknya dengan menggunakan media picture and picture akan ada gambaran pada ingatan siswa tentang memahami bacaan Al-Qur’an serta dilakukannya latihan setiap harinya. en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Baca Al-Quran, MTs Al-Musyawarah. en_US
dc.title Upaya Perencanaan Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra Di Kelas VII Mts Al-Musyawarah en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account