dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
Fakultas Tarbiyah |
|
dc.creator |
Setiawan, Agung Ibrahim |
|
dc.creator |
Saepudin, Aep |
|
dc.creator |
Junaedi, Layen |
|
dc.date |
2016-08-11 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3728 |
|
dc.description |
Kesabaran yang dikisahkan al-Quran salah satunya tercermin oleh nabi Ayyub AS.dalam Quran surat Shaad ayat 41-44 merupakan petunjuk yang baiknya dihayati oleh seorang muslim untuk mengetahui nilai dari kesabaran nabi Ayyub AS. Dan mendidik sikap seorang muslim senantiasa bersabar dalam menjalani hubungan antara manusia dan Allah SWT. Oleh karenanya Allah ingin menjadikan Nabi Ayyub sebagai contoh seorang yang benar-benar teguh memegang tampuk keimanannya, hamba-Nya yang tabah dan sabar, hamba-Nya yang tetap bersyukur dan memuji Allah, untuk dijadikan teladan bagi semua manusia, dalam keimanan dan kesabarannya. Terutama orang yang kehilangan harta, kehilangan anak, dan juga bagi orang-orang yang ditimpa penyakit-penyakit berat dan al-Quran merupakan sumber ilmu diantaranya mengandung perintah bersabar bagi kaum muslimin. Kesabaran merupakan salah satu nilai kepribadian manusia yang bisa dilatih oleh karenannya munculnya sifat sabar pada diri seseorang itu sunahtullah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendapat para mufasir tentang kandungan Q.S Shaadayat 41-44. Mengetahui esensi yang terkandung dalam Q.S Shaad Ayat 41-44. Mengetahui pendapat pakar tentang kesabaran. Mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Q.S Shaad ayat 41-44 tetang kesabaran nabi Ayyub A.S. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan mengumpulkan data studi literatur. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Esensi dari Q.S Shaad ayat 41-44 adalah: (1)Mempersiapkan diri untuk selalu bersabar berlandaskan dengan perhitungan dan tujuan dalam menjalani kehidupan. (2)Sabar dalam berserah diri yang berarah gerak pantang menyerah dengan pemikiran matang menghadapi takdir. (3)Kesabaran yang dipadukan antara perhitungan, ketegaran dan tujuan optimis yang dihadapkan dengan kesiapan diri dalam menjawab permasalahan kehidupan. Nilai-nilai pendidikan dari QS.Shaad 41-44 yaitu: (1)Menyempurnakan Ikhtiar dengan Kesabaran. (2)Kesabaran dapat Menimbulkan Perasaan Baik pada setiap Keadaan yang Ditakdirkan. (3)Kesabaran yang Menyeimbangkan Tindakan Rasional. The Patience that explained in al-Quran one of them reflected by Ayyub u.s prophet in Q.S Shaad verses 41-44 is guidance that should be pondering by a moeslim to find out the patience values from prophet Ayyub a.s. and educate them to being patience in their relation with another people and Allah SWT. Therefore, Allah wants to make the prophet ayyub as a role as one who really firm to his faith, a servant who had patience and resilient, a servant who choose being grateful and dzikr to Allah, the role for all people in the faith and patience, especially as person who lost his wealth, son, and his healthy , and Al Quran is a source of knowledge that contains command for being patience for all muslimin. Patience is ne of self value that can be trained, thus the emergence of patience in human is sunahtullah. The aim of the research is to find out the opinion of mufasir about the meaning of Q.S Shaad verses 41-44. To find out the essence that contains in Q.S Shaad verses 41-44. To find out the expert opinion about the patience. To find out the education values that is in Q.S Shaad verses 41-44 about the patience of prophet Ayyub a.s. the research used descriptive analysis by collecting the literature studies data. This research activity done by means of study in depth various exegesis and book that deals with subject matter research. The Essence of Q.S Shaad verses 41-44 as follows: (1) Prepare for every patient based on time and purpose in a life. (2) Patience and never give up with the deep thought on fate. (3) A patience that intergrated with the calculation, fortitide, and optimize goals toward the self prepare for answering the life problem. The education values from QS.Shaad 41-44 are: (1) Completing our effort with the patience. (2) Patience can be elicit a good thought on each state of being destined. (3) Patience could balances the rational act. |
|
dc.description |
Kesabaran yang dikisahkan al-Quran salah satunya tercermin oleh nabi Ayyub AS.dalam Quran surat Shaad ayat 41-44 merupakan petunjuk yang baiknya dihayati oleh seorang muslim untuk mengetahui nilai dari kesabaran nabi Ayyub AS. Dan mendidik sikap seorang muslim senantiasa bersabar dalam menjalani hubungan antara manusia dan Allah SWT. Oleh karenanya Allah ingin menjadikan Nabi Ayyub sebagai contoh seorang yang benar-benar teguh memegang tampuk keimanannya, hamba-Nya yang tabah dan sabar, hamba-Nya yang tetap bersyukur dan memuji Allah, untuk dijadikan teladan bagi semua manusia, dalam keimanan dan kesabarannya. Terutama orang yang kehilangan harta, kehilangan anak, dan juga bagi orang-orang yang ditimpa penyakit-penyakit berat dan al-Quran merupakan sumber ilmu diantaranya mengandung perintah bersabar bagi kaum muslimin. Kesabaran merupakan salah satu nilai kepribadian manusia yang bisa dilatih oleh karenannya munculnya sifat sabar pada diri seseorang itu sunahtullah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendapat para mufasir tentang kandungan Q.S Shaadayat 41-44. Mengetahui esensi yang terkandung dalam Q.S Shaad Ayat 41-44. Mengetahui pendapat pakar tentang kesabaran. Mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Q.S Shaad ayat 41-44 tetang kesabaran nabi Ayyub A.S. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan mengumpulkan data studi literatur. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Esensi dari Q.S Shaad ayat 41-44 adalah: (1)Mempersiapkan diri untuk selalu bersabar berlandaskan dengan perhitungan dan tujuan dalam menjalani kehidupan. (2)Sabar dalam berserah diri yang berarah gerak pantang menyerah dengan pemikiran matang menghadapi takdir. (3)Kesabaran yang dipadukan antara perhitungan, ketegaran dan tujuan optimis yang dihadapkan dengan kesiapan diri dalam menjawab permasalahan kehidupan. Nilai-nilai pendidikan dari QS.Shaad 41-44 yaitu: (1)Menyempurnakan Ikhtiar dengan Kesabaran. (2)Kesabaran dapat Menimbulkan Perasaan Baik pada setiap Keadaan yang Ditakdirkan. (3)Kesabaran yang Menyeimbangkan Tindakan Rasional. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Universitas islam Bandung |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/3728/pdf |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/downloadSuppFile/3728/582 |
|
dc.rights |
Copyright (c) 2016 Prosiding Pendidikan Agama Islam |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2016); 164-168 |
|
dc.source |
Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2, Pendidikan Agama Islam (Agustus, 2016); 164-168 |
|
dc.source |
2460-6413 |
|
dc.subject |
Proceedings of Islamic Education |
|
dc.subject |
Ayyub, Patience, Shaad verses 41-44. |
|
dc.subject |
Pendidikan Agama Islam |
|
dc.subject |
Ayyub, Kesabaran,Shaad 41-44. |
|
dc.title |
Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S Shaad Ayat 41-44 tentang Kesabaran Nabi Ayyub A.S |
|
dc.title |
Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S Shaad Ayat 41-44 tentang Kesabaran Nabi Ayyub A.S |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
descriptive analysis |
|
dc.type |
Deskriptif analisis |
|