dc.description.abstract |
Analisis Deskriptif Tentang Tingkat Kepuasan Peserta Pesantren Mahasiswa Unisba
Semakin banyaknya perguruan tinggi yang bermunculan menjadikan calon mahasiswa akan semakin banyak pilihan. Pilihan calon mahasiswa akan jatuh kepada perguruan tinggi yang memberikan kepuasan dalam pelayanan. Menghadapi situasi ini, setiap perguruan tinggi ditantang untuk memberikan kualitas pelayanan terbaik seiring dengan upaya mencapai visi masing-masing.
Universitas Islam Bandung (Unisba), sebagai perguruan tinggi yang memiliki visi melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid, mendapat tantangan tersebut. Untuk itu, Unisba perlu memberikan pelayanan terbaik termasuk dalam kegiatan pesantren mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta terhadap unsur-unsur kepuasan yang meliputi tangibles, reliability, assurance, empathy.pelayanan pesantren mahasiswa pada tahap pendaftaran, upacara pembukaan, sarana dan pra sarana asrama, keamanan dan pelayanan konsumsi.
Penelitian ini menggunakan metode survey jenis cross-sectional survey. Responden berjumlah 462, diambil secara purposif dari populasi 2262 peserta pesantren mahasiswa (standar deviasi 0,04%, yang berarti tingkat kepercayaan terhadap hasil survey ini adalah 96%. Tingkat kepuasan tertinggi dirasakan peserta (dengan range 1-5) dalam hal kehadiran petugas pendaftaran sebesar 3,54, disusul kemudian oleh kemudahan dalam mengetahui gelombang pesantren (3,51), kemudian kecukupan waktu antara pemberian informasi ke pelakasanaan pendaftaran (3,40), , dan kepuasan terendah adalah keramahan petugas pendaftaran (2,07). |
en_US |