dc.contributor.author |
Kusmiati, Mia |
|
dc.date.accessioned |
2015-09-29T03:36:38Z |
|
dc.date.available |
2015-09-29T03:36:38Z |
|
dc.date.issued |
2015-06 |
|
dc.identifier.issn |
0326-8175 |
|
dc.identifier.uri |
http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1266#.VgivebXRpMY |
|
dc.description.abstract |
Institusi pendidikan Dokter saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup drastis. Dengan diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi pada pendidikan dokter sejak tahun 2006, telah terjadi pergeseran paradigma pendidikan dokter dari yang berbasis pada penguasaan disiplin ilmu kepada paradigma yang berbasis pada penguasaan kompetensi. Perubahan ini menyebabkan perlunya institusi pendidikan dokter membangun kesehatan organisasinya untuk mewujudkan akuntabilitas sosial. Transformasi pendidikan dokter pada kenyataannya tak bisa dipisahkan dari visi misi institusi. Identitas yang sesungguhnya dari institusi dapat diimplemantasikan dan direfleksikan pada semua aspek institusi. Beberapa hal yang harus dilakukan dalam membangun kesehatan organisasi institusi pendidikan dokter untuk mencapai akuntabilitas sosial diantaranya: (1) membangun budaya institusi berbasis nilai, hal ini bisa dilakukan melalui menumbuhkembangkan idealisme, membangun karakter dan komunitas (Raka,2008); (2) menciptakan suasana institusi yang kondusif (3) melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap semua aspek baik terhadap kurikulum, metode pembelajaran maupun sistem penilaian (4) mengembangkan program institusional yang futuristik namun tetap mempertahankan kearifan lokal. . |
en_US |
dc.publisher |
Pusat Penerbitan Universitas (P2U) - LPPM Universitas Islam Bandung (UNISBA) |
en_US |
dc.subject |
akuntabilitas sosial, karakter, komunitas, organisasi, transformasi. |
en_US |
dc.title |
Membangun Kesehatan Organisasi Institusi Pendidikan Dokter: Sebuah Transformasi menuju Akuntabilitas Sosial |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |