dc.contributor |
|
|
dc.contributor |
Fakultas Ilmu Komunikasi |
|
dc.creator |
Verawatie, Verawatie |
|
dc.creator |
Palapah, Maya Amalia Oesman |
|
dc.date |
2015-06-02 |
|
dc.identifier |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/1870 |
|
dc.description |
Corporate identity is urgently needed by all kinds of companies including a radio company. This can be seen in I-Radio, one radio company in Bandung, which runs in the field of broadcasting. I-Radio also owns an obligation to be able to embed the brand to the community through corporate identity from the use of logo. The purpose of this study is to investigate and examine more about the meaning contained in the use of I-Radio logo as a corporate identity and the implementation of I-Radio logo use as Corporate Identity. The data collecting methods used in this study are interview, observation and literature study. The data obtained is analyzed by using data triangulation.The research results show that there is a message to be conveyed through the company's logo, and the Indonesian map symbol in the logo is used as an appeal. In addition, I-Radio also attaches some other company’s aspects through the logo use like in the color choice of I-Radio logo, red, white, and black, symbol signal, symbol of Indonesian map, and the name I-Radio itself and this brings public people easily realize the meaning of the message contained in the I-Radio logo. Besides that, the logo can be directly seen in employee’s business cards, name tags, office cars, uniforms, and many more. It is intended that people can easily identify the I-Radio logo wherever they are. |
|
dc.description |
Corporate identity atau identitas perusahaan memang sangat dibutuhkan tidak terkecuali untuk perusahaan radio. Termasuk juga I-Radio yang bergerak dibidang penyiaran, I-Radio juga memiliki kewajiban untuk bisa menanamkan merk kepada masyarakat melalui corporate identity, salah satunya dengan logo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam bagaimana makna yang terkandung di dalam logo I-Radio sebagai corporate identity dan bagaimana implementasi logo I-Radio sebagai Corporate Identity. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data.Hasil penelitian yang didapat adalah didalam logo I-Radio terdapat pesan yang ingin disampaikan melalui logo perusahaan, simbol peta Indonesia pun menjadi daya tarik logo tersebut. I-radio pun menyelipkan beberapa aspek perusahaan melalui logo seperti adanya warna merah, putih, dan hitam pada logo, symbol signal, symbol peta Indonesia, dan nama I-Radio sendiri, sehingga dengan demikian khalayak dapat mengetahui bagaimana makna pesan yang terkandung di dalam logo I-Radio. Selain itu logo tersebut terdapat pada media-media yang dapat dilihat secara langsung oleh khalayak, seperti kartu nama para pegawai, name tag, mobil kantor, seragam, dan lain-lain. Hal tersebut bertujuan agar khalayak dapat dengan mudah mengetahui logo I-Radio dimanapun mereka berada. |
|
dc.format |
application/pdf |
|
dc.language |
ind |
|
dc.publisher |
Prosiding Hubungan Masyarakat |
|
dc.publisher |
Prosiding Hubungan Masyarakat |
|
dc.relation |
http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/1870/pdf |
|
dc.source |
Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 68-74 |
|
dc.source |
Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2015); 68-74 |
|
dc.source |
2460-6510 |
|
dc.subject |
|
|
dc.subject |
Corporate Identity, Logo, I-Radio |
|
dc.subject |
ilmu komunikas dan public relations |
|
dc.subject |
corporate identity, logo, I-Radio |
|
dc.title |
Penggunaan Logo I-Radio Sebagai Corporate Identity |
|
dc.title |
Penggunaan Logo I-Radio sebagai Corporate Identity |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/article |
|
dc.type |
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
dc.type |
Peer-reviewed Article |
|
dc.type |
Qualitative |
|
dc.type |
kualitatif, semiotika Charles Sanders Peirce |
|