Universitas Islam Bandung Repository

IMPRESSION MANAGEMENT MAHASISWA DALAM MEDIA SOSIAL

Show simple item record

dc.contributor Bidang Kajian Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Unisba
dc.creator Salsabila, Talitha
dc.creator Fuady, M.E
dc.date 2015-06-02
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/671
dc.description Abstrak Pokok pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana mahasiswa Fikom Unisba membentuk citra diri melalui penampilannya di media sosial sebagai panggung depan. Penampilan mahasiswa Fikom Unisba di media sosial ini sangat menarik untuk diteliti karena memiliki perbedaan karakter antara penampilan di panggung depan dengan kehidupan mereka di kampus Fikom Unisba sebagai panggung belakangnya. Melalui impression management berupa penampilan, manner, dan setting di panggung depan akan diperoleh dramaturgi yang menunjang impression management dalam membentuk citra diri mahasiswa Fikom Unisba sebagai seorang model dan fashion stylist professional. Teori yang digunakan  dalam penelitian ini adalah dramaturgi. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian kualitatif melalui pendekatan dramaturgi. Informan yang diteliti yaitu tiga orang mahasiswa Fikom Unisba dengan karakteristik yang telah ditentukan. Hasil beserta kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa ketiga informan membentuk citra diri melalui dramaturgi dan impression managemen di media sosial sebagai panggung depannya.   Kata Kunci : Pengelolaan Kesan, media sosial, dramaturgi   The issue in this study is how Fikom Unisba college students forming self-image through the appearance in social media as the front stage. The appearance of these Fikom Unisba college students in social media is very interesting to study because it has a difference of character between their appearances in the front stage with their life in Fikom Unisba College as the back stage. Through impression management in the form of appearance, manner, and setting in the front stage will be obtained dramaturgy that support the impression management in forming Fikom Unisba college student's self-image as a professional models and fashion stylists. The theory used in this study is the dramaturgy. The method that researchers used is a qualitative research method through dramaturgical approach. Informants studied are three Fikom Unisba college students with predetermined characteristics. The results and conclusions in this study is that the three informants form their self-image through dramaturgy and impression management in social media as the front stage.   Keyword : impression management, media sosial, dramaturgi
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/671/pdf
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2015); 402-407
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 1, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2015); 402-407
dc.source 2460-6510
dc.subject Komunikasi, Hubungan Masyarakat
dc.subject impression management, media sosial, dramaturgi
dc.title IMPRESSION MANAGEMENT MAHASISWA DALAM MEDIA SOSIAL
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif, dramaturgi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account