Description:
Artikel Ilmiah Sarjana Fikom Unisba Tanggal Kelulusan 12 November 2014 HUBUNGAN BRAND IMAGE OUVAL RESEARCH DENGAN LOYALITAS KONSUMEN ¹Rezki Tri Sandhya²Dadi Ahmadi, S.Sos., M.I.Kom. ¹·²Prodi Ilmu Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Jl. Tamansari No.1 Bandung 40116 Email: ¹rezkitrisandhya@gmail.com, ²dadi.ahmadi@gmail.com ABSTRACT. Nowadays, Distro has become the most wanted fashion shop among youngsters. There are so many brands of Distro spread around Indonesia, especially in Bandung which is the pioneer city of this Distro emergence. Therefore, Ouval, as one of the Distro pioneer in Bandung, needs to develop a proper marketing strategy in order to maintain their brand image and consumer loyalty as well. This study aims to find out the relationship between the brand image of Ouval Research Distro and its consumer loyalty. To answer the research questions, the study uses Kevin Lane Keller theory, particularly in analysing the Ouval Research brand image, namely: strength, favorability and uniqueness of brand associations. A quantitave study employs a correlational method was carried out in order to analyse the relationship between variables. The population in this study is visitors of Ouval Research during April until June 2014 (24.035). Sample are taken by Yamane formula and resulted to the amount of 100 visitors. The result shows that significant relationship has been built between the Ouval Research brand image and consumer’s loyalty. Keywords : Brand, Image, Loyalty, Consumer. Abstrak.Distro saat ini menjadi satu tempat berbelanja fashion anak muda yang paling digandrungi, dalam hal ini banyak pula merek distro bertebaran di seluruh Indonesia, khususnya di kota Bandung sebagai kota pelopor dimana distro itu bermunculan. Maka dari itu Ouval Research sebagai salah satu pelopor distro di Bandung, harus membangun strategi pemasaran yang baik guna menjaga brand image dan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar hubungan brand image distro Ouval Research dengan loyalitas konsumen. Untuk menjawab masalah tersebut peneliti menganalisabrand image Ouval Research menggunakan teori yang dikemukakan Kevin Lane Keller yaitu: kekuatan, keunggulan, dan keunikan asosiasi merek. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode korelasional yaitu meneliti hubungan antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini pengunjung Ouval Research dari bulan april sampai Juni 2014 sebanyak 24035, dan sampel yang diambil dengan rumus Yamane menghasilkan jumlah sampel sebesar 100 orang. Dari hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan adanya hubungan antara brand image Ouval Research dengan loyalitas konsumen. Kata kunci : Merek, Citra, Loyalitas, Konsumen.