Abstract:
Allah Swt. menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw. melalui
malaikat Jibril. Al-Qur’an di jadikan pedoman, petunjuk, tuntutan dan pelajaran bagi
umat manusia dalam rangka mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Al-Qur’an juga
menjadi jalan perang bagi umat manusia serta petunjuk bagi orang-orang yang
bertaqwa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat para mufassir
tentang isi kandungan kependidikan yang diperoleh dalam Al-Qur’an surah Al-
Fatihah ayat 5, untuk dapat mengetahui pendapat para ahli tentang Proses
Pendidikan Tauhid Uluhiyah, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dari Al-Qur’an
surah Al-Fatihah ayat 5 tentang Proses Pendidikan Tauhid Uluhiyah Dan Tauhid
Rububiyah
Metode yang digunakan adalah dengan cara deskriptif analitik kewahyuan
yaitu penelitian tertujuh pada pemecahan masalah pada saat sekarang, masalah
tersebuat bersifat analisis dengan cara menggali kandungan Al-Qur’an surah Al-
Fatihah ayat 5 tentangProses Pendidikan Tauhid Uluhiyah Dan Tauhid Rububiyah
yang merupakan Esakan Allah melalui ibadah kepada Allah semata dan Allah yang
berhak untuk mengabul doa-doa yang dipanjatkan oleh makhluk-Nya.
Analisis pendidikan yang terkandung dalam Qur’an surah Al-Fatihah ayat 5
Tentang Proses Pendidikan Tauhid Uluhiyah Dan Tauhid Rububiyahadalah Manusia
yang diciptakan di dunia ini dengan mengesakan Allah bahwa hanya kepada Allah
SWT yang dapat diibadahi, bukan selain-Nya, Memohon pertolongan hanya
kepada Allah dengan dasar Tauhid yang sesuai dengan syari’at Islam dan Tauhid
Uluhiyah dan tauhid rububiyah dapat mengajarkan manusia menjadi orang
beriman, bertaqwa dan bertawakal kepada Allah SWT.