dc.description.abstract |
PRUstars (Prudential) cabang Sukabumi sebagai perusahaan yang masih baru
menyadari akan promosi yang sangat penting dalam memperkenalkan produk-produk
yang dimiliki. PRUstars (Prudential) cabang Sukabumi yang bergerak dalam bidang
usaha jasa asuransi kemudian melakukan berbagai kegiatan promosi antaralain
personal selling. Kegiatan personal selling yang dilakukan diharapkan dapat
memberikan kontribusi terhadap perusahaan dalam bentuk peningkatan jumlah
nasabah asuransi.
Aktivitas personal selling yang dilakukan oleh pihak Prudential yaitu
wiraniaga/agen masih memiliki banyak kekurangan atau kelemahan, terutama
menyangkut aspekkualitas tenaga penjual dan adanya ketimpangan perolehan
nasabah. Kelemahan tersebut harus segera diatasi agar perusahaan dapat memperoleh
tenaga penjual yang terampil dan kreatif tentunya dapat memberikan kontribusi yang
baik terhadap perusahaan. Berkaitan dengan hal diatas, yang menjadi masalah dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan personal selling yang telah dilakukan
oleh pihak PRUstars (Prudential) cabang Sukabumi, untuk mengetahui minat calon
nasabah untuk keinginan/minat produk jasa asuransi yaitu PRULinkSyariah.
Metode penelitiannya adalah Korelasional yang bertujuan untuk mengetahui
apakah ada hubungan antara variabel X yaitu personal selling dan variabel Y yaitu
minat calon nasabah. Sedangkan data yang didapatkan, melalui penelitian lapangan
melalui wawancara, dan penyebaran angket kepada para calon nasabah yaitu ibu
rumah di kelurahan Kebonjati RW XI sebanyak 50 responden, dilengkapi dengan
studi kepustakaan. Teknik penarikan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik
Sampling (Cluster Sampling). Teknik kluster adalah salah satu alternatef untuk
mengatasi hal yaitu dengan menyeleksi atau mengelompokkan populasi atau sampel
kedalam beberapa kelompok atau kategori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 3
variabel X dari personal selling terdapat hubungan yaitu pada keterampilan, tingkat
keahlian, dan tingkat motivasi. Sedangkan dari sisa variabel X tidak saling
berhubungan yaitu persepsi peran, karakteristik pribadi, dan adaptabilitas. |
en_US |