dc.description.abstract |
Kebutuhan bisnis dalam menghadapi tantangan globalisasi,
memerlukan sumberdaya sistem informasi berkualitas yang
menciptakan berbagai keunggulan kompetitif. Rumah kerudung
adalah usaha yang bergerak dibidang sandang, melaksanakan
kegiatan bisnis dengan proses pembelian dan persediaan secara
konsinyasi yang berpotensi kekeliruan, salah catat, kecurangan,
ketidakteraturan sistem dalam pengelolaan barang titipan.
Berdasarkan permasalah tersebut peneliti bertujuan untuk
mengetahui sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan
secara konsinyasi di Rumah Kerudung yang sedang berjalan dan
merancang sistem baru yang sesuai untuk diterapkan di Rumah
Kerudung berdasarkan kelemahan – kelemahan dari sistem yang
lama.
Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan
merupakan sistem yang dibangun untuk mempermudah
pelaksanaan pembelian dan persediaan dengan meng-otomatisasikan
keseluruhan maupun beberapa bagian dari proses tersebut
disertai dengan pengendalian atas sistem komputerisasi. Sistem ini
dikembangkan melalui sebuah proses formal yang disebut system
development life cycle yang melalui beberapa tahap yaitu
perencanaan sistem,analisis sistem,desain sistem,implementasi
sistem, dan operasionalisasi sistem.
Hasil yang diharapkan dari perancangan sistem informasi
akuntansi pembelian dan persediaan di Rumah Kerudung yaitu
terciptanya pengendalian internal atas proses pengolahan data
berintegrasi komputer berdasarkan input, output dan basis data
yang terkelola secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan
informasi yang akurat, tepat waktu dan lengkap sesuai kebutuhan. |
en_US |