Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Hotel Narapati Indah Bandung)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Utami, Sylvia Pramesti
dc.creator Fauziah, Eva
dc.creator Bayuni, Eva Misfah
dc.date 2017-01-24
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5623
dc.description Abstract.Hotel sharia is as usual, the operations and services adapted to Islamic principles or guidelines Islamic teachings. However, it is undeniable that today hotel sharia is still not so attractive to the public. One of the sharia in Bandung area is Narapati Indah Hotel Bandung, to face competition and realize healthy business, then known as the term Islamic principles. Hotel Syariah Hotel can be regarded as emerging and reduce the image that the hotel is mostly seen as a gathering place for the general public either immoral as adultery, drugs, and other negative actions. The problem of this research is how the implementation of the application of the principles of sharia on Hotel Narapati Indah Bandung, how the level of service quality at Hotel Narapati Indah Bandung, how the level of satisfaction at the Hotel Narapati Indah Bandung and how the effect of the application of the principles of sharia and the quality of service to satisfaction Bandung Indah Hotel Narapati consumers. This study aims to investigate the implementation of the application of the principles of sharia on Narapati Indah Hotel Bandung, to know the level of quality of service at Narapati Indah Hotel Bandung and to determine the application of the principles of sharia and the quality of service to customer satisfaction Narapati Indah Hotel Bandung. The method used is descriptive analysis and verification that describes the influence of two or more different variables in accordance with the facts that exist. Collecting data in this variable using questionnaires / questionnaire and data sources used are the source of primary data and secondary data sources. The sample in this study were taken by accidental sampling technique is a sampling technique based on chance, that anyone who by chance met with investigators can be used as a sample. Descriptive analysis and verification methods, namely, analyzing describe and summarize a variety of conditions, the situation of the various data collected through questionnaires in the form of interviews or observations concerning the issues examined that field. In the implementation of operational, Narapati Indah Hotel Bandung has implemented the principles of sharia very well on customer satisfaction, the level of service quality Bandung Indah Hotel Narapati well on customer satisfaction and the level of customer satisfaction Bandung Indah Hotel Narapati well. Based on the multiple regression calculation results are not significant, the principles of sharia and service quality affects only 25.9% of consumer satisfaction. That is, 74.1% is influenced by factors - other factors not examined. It can be concluded that there is no influence between the application of the principles of sharia and the quality of service to customer satisfaction.Abstrak.Hotel syariah adalah hotel sebagaimana lazimnya, yang operasional dan layanannya telah menyesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah atau pedoman ajaran Islam. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini hotel syariah masih belum begitu diminati oleh masyarakat. Salah satu hotel yang berbasis syariah di wilayah Bandung adalah Hotel Narapati Indah Bandung, untuk menghadapi persaingan serta mewujudkan bisnis yang sehat, maka dikenal istilah prinsip-prinsip syariah . Hotel Syariah dapat dikatakan sebagai Hotel yang muncul dan mengurangi image bahwa Hotel yang kebanyakan dipandang masyarakat awam sebagai tempat berkumpulnya maksiat baik itu perzinahan, narkoba, dan perbuatan negative lainnya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan penerapan prinsip-prinsip syariahpada Hotel Narapati Indah Bandung, bagaimana tingkat kualitas pelayananpada Hotel Narapati Indah Bandung, bagaimana tingkat kepuasan pada Hotel Narapati Indah Bandung dan bagaimana pengaruh penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasankonsumen Hotel Narapati Indah  Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan prinsip-prinsip syariah pada Hotel Narapati Indah Bandung, untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pada Hotel Narapati Indah Bandung dan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan  konsumen Hotel Narapati Indah Bandung.  Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif yang menggambarkan pengaruh dua variabel atau lebih yang berbeda sesuai dengan fakta-fakta yang ada. Pengumpulan data dalam variabel ini menggunakan kuesioner/angket dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik aksidental sampling adalah teknik penentuan sampel  berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Metode analisis deskriptif dan verifikatif yaitu, menganalisis menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara melalui kuesioner atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang dilapangan. Dalam pelaksanaan operasionalnya, Hotel Narapati Indah Bandung telah menerapkan prinsip-prinsip syariah dengan sangat baik pada kepuasan konsumen, pada tingkat kualitas pelayanan  Hotel Narapati Indah Bandung baik pada kepuasan konsumen dan pada tingkat kepuasan konsumen Hotel Narapati Indah Bandung baik. Berdasarkan perhitungan regresi berganda hasil yang didapat tidak signifikan, prinsip-prinsip syariahdan kualitas pelayanan hanya berpengaruh sebesar 25,9% terhadap kepuasan konsumen. Artinya, 74,1% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
dc.description Hotel syariah adalah hotel sebagaimana lazimnya, yang operasional dan layanannya telah menyesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah atau pedoman ajaran Islam. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini hotel syariah masih belum begitu diminati oleh masyarakat. Salah satu hotel yang berbasis syariah di wilayah Bandung adalah Hotel Narapati Indah Bandung, untuk menghadapi persaingan serta mewujudkan bisnis yang sehat, maka dikenal istilah prinsip-prinsip syariah . Hotel Syariah dapat dikatakan sebagai Hotel yang muncul dan mengurangi image bahwa Hotel yang kebanyakan dipandang masyarakat awam sebagai tempat berkumpulnya maksiat baik itu perzinahan, narkoba, dan perbuatan negative lainnya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan penerapan prinsip-prinsip syariahpada Hotel Narapati Indah Bandung, bagaimana tingkat kualitas pelayananpada Hotel Narapati Indah Bandung, bagaimana tingkat kepuasan pada Hotel Narapati Indah Bandung dan bagaimana pengaruh penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasankonsumen Hotel Narapati Indah  Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan prinsip-prinsip syariah pada Hotel Narapati Indah Bandung, untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pada Hotel Narapati Indah Bandung dan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan  konsumen Hotel Narapati Indah Bandung.  Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif yang menggambarkan pengaruh dua variabel atau lebih yang berbeda sesuai dengan fakta-fakta yang ada. Pengumpulan data dalam variabel ini menggunakan kuesioner/angket dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik aksidental sampling adalah teknik penentuan sampel  berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Metode analisis deskriptif dan verifikatif yaitu, menganalisis menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara melalui kuesioner atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang dilapangan. Dalam pelaksanaan operasionalnya, Hotel Narapati Indah Bandung telah menerapkan prinsip-prinsip syariah dengan sangat baik pada kepuasan konsumen, pada tingkat kualitas pelayanan  Hotel Narapati Indah Bandung baik pada kepuasan konsumen dan pada tingkat kepuasan konsumen Hotel Narapati Indah Bandung baik. Berdasarkan perhitungan regresi berganda hasil yang didapat tidak signifikan, prinsip-prinsip syariahdan kualitas pelayanan hanya berpengaruh sebesar 25,9% terhadap kepuasan konsumen. Artinya, 74,1% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hukum Ekonomi Syariah
dc.publisher Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/5623/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/downloadSuppFile/5623/969
dc.rights Copyright (c) 2017 Proceedings of Finance & Islamic Banking
dc.source Prosiding Hukum Ekonomi Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 250-257
dc.source Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah; Vol 3, No 1, Prosiding Hukum Ekonomi Syariah (Februari, 2017); 250-257
dc.source 2460-2159
dc.subject Financial Institutions & Syariah Banking
dc.subject Hotel Syariah, Applying Principles Of Islmaic, Service Quality, Customer Satisfaction
dc.subject Keuangan & Perbankan Syariah
dc.subject Hotel Syariah, Penearapan Prinsip-Prinsip Syariah, Kualitas Pelayanan Kepuasan Konsumen
dc.title Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Hotel Narapati Indah Bandung)
dc.title Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Hotel Narapati Indah Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kualitatif
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account