Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Public Relations dalam Menangani Krisis Pemberitaan Negatif di Media Massa (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations Grand Royal)

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Febrianti, Bella Chintia
dc.creator Chatmallah, Maman
dc.date 2017-01-29
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6376
dc.description Abstract.Hospitality business competition becomes more intense, and coupled to the rapid construction of five-star hotel in the city of Bandung. Now every hotel companies push services and products to become number one and the best among the good. The crisis on the company can not be avoided. Crisis news circulating in the media can lead to the company's image to be bad. For that a Public Relations Officer must promote creativity and innovative in implementing strategic planning to overcome the crisis of negative news circulating in the media. To conduct a public relations strategy to deal with the negative news coverage in the mass media need to be done prior to the crisis of identification. A Public Relations Officer can do planning strategies public relations by way of prevention strategies, strategy preparation and countermeasure strategy. This research uses qualitative descriptive study approach which aims to uncover the deeply about public relations strategy in dealing with the crisis of negative news coverage in the mass media. Data techniques used in this research is the use of the interview. To test the validity of the data in field, researchers using the technique of triangulation.Abstrak.Iklim kompetisi bisnis perhotelan semakin ketat, dan ditambah semakin pesatnya pembangunan hotel berbintang lima di Kota Bandung. Kini setiap perusahaan hotel mendorong jasa dan produknya untuk menjadi nomer satu dan terbaik diantara yang baik. Krisis terhadap perusahaan tidak bisa dihindari. Krisis pemberitaan yang beredar di media massa dapat mengakibatkan citra perusahaan menjadi buruk. Untuk itu seorang Public Relations Officer harus meningkatkan kreativitas dan inovatif dalam menjalankan strategi perencanaan untuk mengatasi krisis pemberitaan negatif yang beredar di media massa. Untuk melakukan strategi public relations untuk menangani pemberitaan negatif di media massa perlu dilakukan identifikasi terhadap krisis terlebih dahulu. Seorang Public Relations Officer akan dapat melakukan perencanaan strategi public relations dengan cara strategi pencegahan, strategi persiapan dan strategi penanggulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk dapat mengungkap secara mendalam mengenai strategi public relations dalam menangani krisis pemberitaan negatif di media massa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dilapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. 
dc.description Iklim kompetisi bisnis perhotelan semakin ketat, dan ditambah semakin pesatnya pembangunan hotel berbintang lima di Kota Bandung. Kini setiap perusahaan hotel mendorong jasa dan produknya untuk menjadi nomer satu dan terbaik diantara yang baik. Krisis terhadap perusahaan tidak bisa dihindari. Krisis pemberitaan yang beredar di media massa dapat mengakibatkan citra perusahaan menjadi buruk. Untuk itu seorang Public Relations Officer harus meningkatkan kreativitas dan inovatif dalam menjalankan strategi perencanaan untuk mengatasi krisis pemberitaan negatif yang beredar di media massa. Untuk melakukan strategi public relations untuk menangani pemberitaan negatif di media massa perlu dilakukan identifikasi terhadap krisis terlebih dahulu. Seorang Public Relations Officer akan dapat melakukan perencanaan strategi public relations dengan cara strategi pencegahan, strategi persiapan dan strategi penanggulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk dapat mengungkap secara mendalam mengenai strategi public relations dalam menangani krisis pemberitaan negatif di media massa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dilapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/6376/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/downloadSuppFile/6376/1098
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 203-207
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 3, No 1, Prosiding Hubungan Masyarakat (Februari, 2017); 203-207
dc.source 2460-6510
dc.subject Public Relation, Strategi Public Relations
dc.subject Public Relations Strategies, Qualitative Descriptive Studies, Crisis
dc.subject Public Relation, Strategi Public Relations
dc.subject Strategi Public Relations, Krisis, Studi Deskriptif Kualitatif
dc.title Strategi Public Relations dalam Menangani Krisis Pemberitaan Negatif di Media Massa (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations Grand Royal)
dc.title Strategi Public Relations dalam Menangani Krisis Pemberitaan Negatif di Media Massa (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations Grand Royal)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Deskriptif Kualitatif
dc.type Deskriptif Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Advanced Search

Browse

My Account