Universitas Islam Bandung Repository

Kinerja Industri Fesyen Hijab Di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis
dc.contributor.author Kusmawati, Annisa
dc.date.accessioned 2017-10-19T04:46:37Z
dc.date.available 2017-10-19T04:46:37Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12006
dc.description.abstract Industri fesyen merupakan salah satu satu sektor industri kreatif yang berpotensi memberikan kontribusi yang besar terhadap PDRB maupun peningkatan pendapatan para pelaku usaha. Potensi yang besar terhadap pendapatan pelaku usaha tersebut yang membuat semakin berkembangnya industri fesyen dan persaingan usaha didalamnya. Salah satu faktor yang membuat para pelaku usaha industri fesyen ini mampu bertahan dari ketatnya persaingan adalah dari kinerja perusahaannya. Kinerja yang baik membuat para pelaku tersebut mampu mempertahankan keberadaan perusahaannya dari ketatnya persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja industri fesyen hijab di Kota Bandung. Industri fesyen hijab di Kota Bandung merupakan salah satu industri yang besar. Hal ini karena pusat produksi hijab Indonesia berada di Kota Bandung. Kinerja tersebut diukur dari aspek efisiensi yang mengukur sumber inefisiensi dan membuat beberapa strategi untuk mendapatkan industri fesyen hijab yang lebih baik. Metode dalam penelitian ini adalah metode mix method, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan populasi dengan jumlah populasi sebanyak 4 perusahaan dan 40 responden untuk konsumen. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini adalah Data Envelopment Analysis (DEA) dan SWOT analisis. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ada kesenjangan efisiensi dari empat perusahaan yang diteliti. Sumber utama penyebab inefisien adalah biaya operasional dan jumlah tenaga kerja. Strategi pengembangan yang harus dilakukan yaitu dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan, melakukan inovasi produk untuk menarik minat konsumen, meningkatkan kerjasama dengan event organaizer, optimalkan peran semua stakeholder dan shareholder terhadap peningkatan pangsa pasarnya, membangun sistem sumber daya manusia yang berkelanjutan, memberikan insentif yang jelas dan terukur bagi kinerja sumber daya manusia mengembangkan pangsa pasar melalui e-commerce dengan memanfaatkan web resmi dan sosial media, meningkatkan kemampuan untuk menghadapi persaingan, melakukan pembenahan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada, membangun loyaliti pasar dan sumber daya manusia. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis en_US
dc.subject Kinerja Industri Fesyen Hijab Di Kota Bandung en_US
dc.title Kinerja Industri Fesyen Hijab Di Kota Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account