Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Komunikasi
Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian, pada Universitas Islam Bandung dan
Universitas Widyatam dengan melihat perbandingan pengaruh dari kedua populasi
yang diteliti.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif
berupa studi komparasi. Teknik dalam pengambilan sampel dengan cara Simple
Random Sampling dengan jumlah 100 sampel yang terbagi menjadi 50 sampel dari
Universitas Isalam Bandung dan 50 sampel Universitas Widyatama. Metode
analisis statistik yang digunakan dengan statistik inferensial, Method of Successive
Interval (MSI) , uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Diukur dengan menggunakan software SPSS versi 17 dan Microsoft Excel 2013.
Nilai rata-rata tertinggi pada variabel X ( Bauran Komunikasi Pemasaran)
pada mahasiswa/i Universitas Isalam Bandung dan Universitas Widyatma berada
pada dimensi promosi penjualan sebesar 75,6% dan nilai rata-rata terendah pada
dimensi acara dan pengalamn sebesar 61,5%. Secara umum variabel Y (Keputusan
Pembelian) nilai rata-rata tertinggi pada indikator waktu pembelian dan indikator
terendah pada jumlah pembelian. Besar pengaruh antara varebel X dan Y sebesar
52,0% dan tidak terdapat perbedaan pengaruh tehadap kedua sampel yang diteliti
dari vareabel X dan Y.