Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Bermain Slime Terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Siswa Tk B Di Tk As - Syiraj Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Aprianty, Asri
dc.creator Rahayu, Makmuroh Sri
dc.creator Khasanah, Andhita Nurul
dc.date 2018-08-05
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:51:16Z
dc.date.available 2019-09-10T01:51:16Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11303
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21098
dc.description Abstract. Soft motor skills are a very important skill for kindergarten children in helping school activities in elementary school. Children with preschool age are children who enter elementary school which should be able to be trained in writing, drawing, painting and line marching. (Hurlock, 1996). In As - Syiraj Kindergarten Bandung city there are students of kindergarten B whose their soft motor skills was hampered. It can see from coloring, copying letters and shapes. Therefore stimulation is needed in the development of children's skills, especially soft motor that can assist in its development in accordance with the stage of achievement of child development (Rahayu, 2017). One stimulus that can be given is playing slime. This study aims to determine the effect of playing slime on soft motor skills of TK B students in As - Syiraj Kindergarten. The research method used is quasi experiment as design before after one group design. The data were collected using an observation tool with a checklist listing of behaviors related to soft motor skills. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the results of data processing and discussion shows that there is influence slime play against soft motor skills seen from changes in pre test and post test results is 32%.Keywords: Soft Motor Skills, Playing Slime, Children of B ClassAbstrak. Keterampilan motorik halus merupakan keterampilan yang sangat penting untuk anak TK dalam membantu kegiatan sekolah di SD. Anak dengan usia prasekolah merupakan anak yang memasuki awal SD, harus sudah dapat dilatih menulis, menggambar, melukis dan baris berbaris ( Hurlock, 1996 ). Di TK As – Syiraj Kota Bandung masih terdapat siswa TK B yang keterampilan motorik halusnya terhambat terlihat dari mewarnai, meniru huruf dan bentuk. Oleh karena itu stimulasi sangat diperlukan dalam pengembangan keterampilan anak khususnya motorik halus yang dapat membantu dalam perkembangannya sesuai dengan tahap pencapaian perkembangan anak ( Rahayu, 2017 ). Salah satu stimulusi yang dapat diberikan yaitu bermain slime. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain slime terhadap keterampilan motorik halus siswa TK B di TK As – Syiraj. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment adapun desainnya before after one group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur observasi dengan pencatatan checklist yang berisi daftar perilaku berkaitan dengan keterampilan motorik halus. Teknik sampling yang digunakannya adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain slime terhadap keterampilan motorik halus terlihat dari perubahan hasil pre test dan post test sebesar 32 %.Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Bermain Slime, Siswa TK B
dc.description Keterampilan motorik halus merupakan keterampilan yang sangat penting untuk anak TK dalam membantu kegiatan sekolah di SD. Anak dengan usia prasekolah merupakan anak yang memasuki awal SD, harus sudah dapat dilatih menulis, menggambar, melukis dan baris berbaris ( Hurlock, 1996 ). Di TK As – Syiraj Kota Bandung masih terdapat siswa TK B yang keterampilan motorik halusnya terhambat terlihat dari mewarnai, meniru huruf dan bentuk. Oleh karena itu stimulasi sangat diperlukan dalam pengembangan keterampilan anak khususnya motorik halus yang dapat membantu dalam perkembangannya sesuai dengan tahap pencapaian perkembangan anak ( Rahayu, 2017 ). Salah satu stimulusi yang dapat diberikan yaitu bermain slime. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain slime terhadap keterampilan motorik halus siswa TK B di TK As – Syiraj. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment adapun desainnya before after one group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur observasi dengan pencatatan checklist yang berisi daftar perilaku berkaitan dengan keterampilan motorik halus. Teknik sampling yang digunakannya adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bermain slime terhadap keterampilan motorik halus terlihat dari perubahan hasil pre test dan post test sebesar 32 %.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/11303/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/11303/2342
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 545-551
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 4, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2018); 545-551
dc.source 2460-6448
dc.subject psikologi
dc.subject Keterampilan Motorik Halus, Bermain Slime, Siswa TK B
dc.subject
dc.subject Keterampilan Motorik Halus, Bermain Slime, Siswa TK B
dc.title Pengaruh Bermain Slime Terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Siswa Tk B Di Tk As - Syiraj Kota Bandung
dc.title Pengaruh Bermain Slime Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Siswa Tk B Di Tk As - Syiraj Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type Eksperimen


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account