Universitas Islam Bandung Repository

Descriptive study of Adversity Quotient on teachers of Dewi Sartika elementary school Bandung.

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Haulasifa, Haulasifa Haulasifa
dc.creator Diantina, Fanni Putri
dc.date 2016-03-07
dc.date.accessioned 2019-09-10T01:55:23Z
dc.date.available 2019-09-10T01:55:23Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3286
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21137
dc.description This research is formed based on phenomenon in Dewi Sartika elementary school Bandung. It has more disability students (ABK), however, it is not an inclusion school. The teachers face many problems in handling those children. The school does not provide facilities for diability students. The objective of this study is to describe teachers ablity to handle disability students with minimum facilities provided and without any special needs and disablity education, or special training. The instrument of the research is an Adversity Response Profile (ARP) questionnaire of Paul G Stoltz that describes each aspect of AQ they are; control, origin and ownership, reach, and endurance. The results show that the AQ of each teacher is high, it proves that the teachers are able to handle and overcome all problems and difficulties in handling disablity and special needs students.
dc.description Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terdapat di SD Dewi Sartika Bandung dimana guru-guru yang mengajar siswa yang juga memiliki lebih dari setengah jumlah siswanya merupakan siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Sekolah ini bukan merupakan Sekolah Inklusi atau Sekolah Luar Biasa. Guru dihadapkan pada situasi dimana banyaknya jenis disability yang mereka hadapi sehari-hari. Sekolah ini tidak tersedia sarana dan prasarana untuk fasilitas yang menunjang siswa ABK. Penelitian ini ingin melihat apa yang membuat guru-guru mampu dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar terhadap anak berkebutuhan khusus tanpa didukung dengan latar belakang pendidikan Sekolah Luar Biasa atau pelatihan khusus, serta minimnya sarana dan prasarana yang menunjang untuk pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus, termasuk ketiadaan guru pendamping. Penelitian dilakukan dengan alat ukur skala psikologi, dimana alat ukur yang digunakan adalah alat ukur baku Adversity Response Profile (ARP) dari Paul G Stoltz yang menggambarkan tiap-tiap aspek dari AQ yakni; control, origin and ownership, reach, dan endurance. Hasil questioner menunjukkan bahwa AQ masing-masing guru relatif tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa guru-guru mampu menghadapi kesulitan dalam mengajar siswa ABK karena memiliki AQ yang relatif tinggi. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/3286/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/downloadSuppFile/3286/465
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2016); 387-394
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 2, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2016); 387-394
dc.source 2460-6448
dc.subject Proceedings of Psychology
dc.subject Adversity Quotient, special need children, inclusion school.
dc.subject Psikologi
dc.subject Adversity Quotient, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi.
dc.title Descriptive study of Adversity Quotient on teachers of Dewi Sartika elementary school Bandung.
dc.title Studi Deskriptif Adversity Quotient Guru Sekolah Dasar Dewi Sartika Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type -
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account