Universitas Islam Bandung Repository

Kontribusi Gratitude terhadap Well Being pada Guru Honorer di MDTA "X" Kabupaten Bandung Barat

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Ihsan, Muhammad
dc.creator Qodariah, Siti
dc.date 2019-01-22
dc.date.accessioned 2019-09-10T02:23:07Z
dc.date.available 2019-09-10T02:23:07Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/14285
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/21389
dc.description Abstract. MDTA is one of a non formal school which supporting in the field of the religion during students of primary school age. New rules that which obliges a student to join MDTA for primary school student, and are not unrealized rules governing for honorarium MDTA teachers in west bandung, had made some teacher problems, such as lack of human resources, the high responsibility of work to do, and less of economic welfare. This causes stress and anxiety in a few teachers, decrease amount of teachers,  as well as comings and out of the teachers at some MDTA. However in MDTA “X” this condition doesn’t made teachers paid by honorarium stop their work. They indicated a high of gratitude and also in a condition of wellbeing. This research uses regression simple analysis for the method, to see the contribution. The Subjects in this study were 15 teachers of MDTA “X”. The Gratitude measurement instrument used GQ-6 Modification from Mc.Cullough and Perma Workplace Profiler from Buttler and Kern. The results of the study is, gratitude contributes to wellbeing with r square 0,73, so that the percentage of significance contribution gratitude to well being is 73%.Keywords: Gratitude, Well Being, TeacherAbstrak. MDTA adalah salah satu sekolah non formal yang menjadi penunjang di bidang agama bagi siswa usia sekolah dasar. Peraturan baru yang mewajibkan siswa mengikuti MDTA bagi siswa sekolah dasar serta belum direalisasikannya peraturan yang mengatur honorarium bagi guru MDTA di Kabupaten Bandung Barat membuat guru mengalami berbagai kendala, seperti jumlah sumber daya yang kurang, tanggung jawab pekerjaan yang tinggi, tugas yang banyak serta kesejahteraan dalam ekonomi yang kurang. Hal ini menyebabkan stress dan kecemasan yang dialami beberapa guru, penurunan jumlah guru, serta keluar masuknya guru di beberapa MDTA. Namun di MDTA “X” kondisi tersebut sejatinya tidak membuat guru honorer berhenti bekerja karena mereka terus menjalani profesinya. Mereka tetap memperlihatkan indikasi gratitude yang tinggi dengan apa yang mereka dapatkan dan indikasi dalam kondisi wellbeing juga. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana, untuk melihat kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 orang guru honorer di MDTA “X” Kabupaten Bandung Barat. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur modifikasi dari GQ-6 dari McCullough dan The Workplace PERMA Profiler dari Seligman. Hasil penelitian didapatkan r square sebesar 0,73 yang artinya gratitude berkontribusi signifikan sebesar 73% pada wellbeing.Kata Kunci: Gratitude, Well Being, Guru
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/14285/pdf
dc.rights Copyright (c) 2019 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2019); 205-212
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 5, No 1, Prosiding Psikologi (Februari, 2019); 205-212
dc.source 2460-6448
dc.subject Psikologi
dc.subject Gratitude, Well Being, Guru
dc.title Kontribusi Gratitude terhadap Well Being pada Guru Honorer di MDTA "X" Kabupaten Bandung Barat
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account