Description:
SMP Muhammadiyah 8 Bandung adalah salah satu sekolah swasta di kota Bandung yang menjalankan program Full Day School. Siswa SMP adalah usia remaja, sehingga sekolah berupaya memberikan fasilitas kepada para siswa untuk menunjang kebutuhan siswa di sekolah. Hal ini berkaitan dengan School Well Being yaitu penilaian subjektif siswa terhadap sekolahnya meliputi Having (kondisi sekolah), Loving (hubungan sosial), Being (pemenuhan diri), dan Health (status kesehatan). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai School Well Being pada siswa Full Day School di SMP Muhammadiyah 8 Bandung. Metode yang digunakan adalah statistika deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 181 siswa. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, maka diperoleh persentase dari keseluruhan siswa diperoleh hasil 95.5 % siswa memiliki kategori School Well Being tinggi. Adapun dalam dimensi Having sebanyak 86.7% memliki kategori yang tinggi, dalam dimensi Loving 93.9% memiliki kategori yang tinggi. Dalam dimensi Being 78.4% yang memiliki kategori tinggi dan pada dimensi Health hanya 69.6% yang memiliki kategori tinggi. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa dominan siswa memiliki School Well Being yang tinggi dan dimensi Loving memiliki persentase paling tinggi dari dimensi lain dan dimensi Health memiliki persentase paling rendah.