Universitas Islam Bandung Repository

Pengendalian Kualitas dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) untuk Mengurangi Cacat Produk pada Hasil Produksi Grass Block Lubang Lima (Studi Kasus : Pt. Cisangkan - Cijerah)Pengendalian Kualitas dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) untuk Mengurangi Cacat Produk pada Hasil Produksi Grass Block Lubang Lima (Studi Kasus : Pt. Cisangkan - Cijerah)

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Riswan, Riswan
dc.creator R, Asep Nana
dc.creator Renosari, Puti
dc.date 2017-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:03:46Z
dc.date.available 2019-09-12T02:03:46Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/7200
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/22791
dc.description PT. Cisangkan merupakan perusahaan pelopor yang bergerak dalam bidang manufaktur berbasis beton yang berlokasi di Cijerah, Bandung - Indonesia. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan diketahui sering terjadinya cacat produk pada hasil produksi grass block lubang lima dengan jumlah cacat 8-20 per hari dengan jumlah produksi sebanyak 200 buah atau sebanyak 4-10% jumlah cacat per hari. Adapun jenis kecacatan yang sering terjadi ialah retak, kasar, basah, berlubang, ukuran tidak sesuai standar, dan cembung. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukannya perbaikan dengan menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) dengan beberapa alat yang digunakan yakni stratifikasi, histogram, peta kendali p, diagram pareto, dan diagram sebab akibat serta metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan terdapat empat jenis cacat yang sering mucul yakni retak, kasar, basah, dan cembung. Usulan perbaikan dilakukan terhadap penyebab jenis cacat dengan nilai RPN tertinggi. Adapun nilai RPN yang paling tinggi yakni sebesar 200 terdapat pada proses pengeringan yang kurang maksimal. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk penyebab jenis cacat ini adalah dengan membuat oven sebagai pengering alternatif jika cuaca sedang kurang baik. Namun pada penelitian ini usulan perbaikan diberikan kepada semua jenis penyebab cacat agar dapat meminimasi produk cacat lebih maksimal.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/industri/article/view/7200/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Teknik Industri
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 3, No 2, Prosiding Teknik Industri (Agustus, 2017); 207-214
dc.source Prosiding Teknik Industri; Vol 3, No 2, Prosiding Teknik Industri (Agustus, 2017); 207-214
dc.source 2460-6502
dc.subject Teknik Industri
dc.subject SQC, FMEA, Seven Tools
dc.title Pengendalian Kualitas dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) untuk Mengurangi Cacat Produk pada Hasil Produksi Grass Block Lubang Lima (Studi Kasus : Pt. Cisangkan - Cijerah)Pengendalian Kualitas dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) untuk Mengurangi Cacat Produk pada Hasil Produksi Grass Block Lubang Lima (Studi Kasus : Pt. Cisangkan - Cijerah)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account