Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan antara Kampanye Politik di Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Ilmu Komunikasi
dc.contributor
dc.creator Permatasari, Muthia
dc.creator Fuady, Muhammad E
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-12T02:35:49Z
dc.date.available 2019-09-12T02:35:49Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/12617
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/23171
dc.description Abstract. Almost all political institutions and political communicators have and use social media. This phenomenon is caused by the increasing number of social media users every year, along with the increasingly widespread and even internet network. One of them, Deddy Mizwar who is one of the candidates for West Java Governor Candidates also uses social media, namely his personal isntagram account as a tool for political campaigns ahead of the 2018 elections. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between political campaigns on social media with the decision to vote Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi in the 2018 elections, then the method used is a correlational method using data collection techniques in the form of questionnaires and questionnaires. The population in this study is Bandung City Students. The sample in this study amounted to 90 students from Telkom University, Unikom and Widyatama University. The sampling technique used is using cluster sampling technique. There is a significant relationship between political campaigns on the @deddy_mizwar Instagram account with the decision to choose with a very high relationship.Keywords: political campaign, social media, decision to vote. Abstrak. Hampir semua institusi politik dan komunikator politik mempunyai serta menggunakan media sosial. Fenomena tersebut disebabkan jumlah pengguna media sosial setiap tahun bertambah secara signifikan, seiring dengan jaringan internet yang semakin luas dan merata. Salah satunya, Deddy Mizwar yang merupakan salah satu kandidat Calon Gubernur Jawa Barat turut menggunakan media sosial yaitu akun isntagram pribadinya sebagai alat untuk kampanye politik menjelang Pilkada 2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kampanye politik di media sosial dengan keputusan memilih pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi pada Pilkada 2018, lalu metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 mahasiswa dari Telkom University, Unikom dan Universitas Widyatama. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik cluster sampling. Terdapat hubungan yang signifikan antara kampanye politik di akun instagram @deddy_mizwar dengan keputusan memilih  dengan hubungan yang sangat tinggi.Kata kunci: ­kampanye politik, media sosial, keputusan memilih.
dc.description Abstract. Almost all political institutions and political communicators have and use social media. This phenomenon is caused by the increasing number of social media users every year, along with the increasingly widespread and even internet network. One of them, Deddy Mizwar who is one of the candidates for West Java Governor Candidates also uses social media, namely his personal isntagram account as a tool for political campaigns ahead of the 2018 elections. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between political campaigns on social media with the decision to vote Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi in the 2018 elections, then the method used is a correlational method using data collection techniques in the form of questionnaires and questionnaires. The population in this study is Bandung City Students. The sample in this study amounted to 90 students from Telkom University, Unikom and Widyatama University. The sampling technique used is using cluster sampling technique. There is a significant relationship between political campaigns on the @deddy_mizwar Instagram account with the decision to choose with a very high relationship.Keywords: political campaign, social media, decision to vote Abstrak. Hampir semua institusi politik dan komunikator politik mempunyai serta menggunakan media sosial. Fenomena tersebut disebabkan jumlah pengguna media sosial setiap tahun bertambah secara signifikan, seiring dengan jaringan internet yang semakin luas dan merata. Salah satunya, Deddy Mizwar yang merupakan salah satu kandidat Calon Gubernur Jawa Barat turut menggunakan media sosial yaitu akun isntagram pribadinya sebagai alat untuk kampanye politik menjelang Pilkada 2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kampanye politik di media sosial dengan keputusan memilih pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi pada Pilkada 2018, lalu metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 mahasiswa dari Telkom University, Unikom dan Universitas Widyatama. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik cluster sampling. Terdapat hubungan yang signifikan antara kampanye politik di akun instagram @deddy_mizwar dengan keputusan memilih  dengan hubungan yang sangat tinggi.Kata kunci: kampanye politik, media sosial, keputusan memilih
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.publisher Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/12617/pdf
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Hubungan Masyarakat
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 754-760
dc.source Prosiding Hubungan Masyarakat; Vol 4, No 2, Prosiding Hubungan Masyarakat (Agustus, 2018); 754-760
dc.source 2460-6510
dc.subject Hubungan Masyarakat
dc.subject kampanye politik, media sosial, keputusan memilih
dc.subject
dc.subject
dc.title Hubungan antara Kampanye Politik di Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Dikalangan Mahasiswa Kota Bandung
dc.title HUBUNGAN ANTARA KAMPANYE POLITIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KEPUTUSAN MEMILIH DIKALANGAN MAHASISWA KOTA BANDUNG
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif
dc.type


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Hubungan Masyarakat [793]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account