Universitas Islam Bandung Repository

Rebranding CUPS Coffee Shop menjadi CUPS Coffee & Kitchen

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Juniansah, Fajar E.
dc.creator Zulfebriges, Zulfebriges
dc.date 2016-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T05:43:13Z
dc.date.available 2019-09-12T05:43:13Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4421
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/24384
dc.description Abstract. CUPS Coffee & Kitchen is one of the cafés which is currently competing with another cafés in Bandung City. However, CUPS also had to undergo a name change, overhaul, and also new adjustments in the terms of market segmentation as well as the concept that carried the CUPS’ image. According to that condition, rebranding is a way to regain the market or foodies to reintroduce the new image of CUPS to the community. The aims of this research are: (1) Why does CUPS Coffee Shop change the name of its place, concepts and segmentation of its market? (2) How does the process of rebranding CUPS Coffee & Kitchen? (3) What are the obstacles that encountered and the solutions used to overcome the obstacles? Methodology which is used in this study is a qualitative based research by using a case study approach. Moreover, the data collections of this research are based on literature reviews, in-depth interview with the General Manager, Marketing Manager and also Human Resources Manager of the CUPS Coffee & Kitchen. To conclude, the findings of this study indicate that the modification of CUPS’ management team is an appropriate decision in order to maintain the existence of CUPS’ image. So the rebranding decision is applied to its café. After passing some rebranding processes and several constraints, then also comes up with solutions; it appears that it is a good strategy of CUPS Coffee & Kitchen to form a new identity of CUPS for their consumers as a café of interest in Bandung. Abstrak. CUPS Coffee & Kitchen adalah salah satu kafe yang tengah meramaikan persaingan kafe di Kota Bandung. Namun dalam perjalanannya, CUPS pun mengalami perubahan nama dan perombakan serta penyesuaian-penyesuaian baru dalam hal segmentasi pasarnya dan juga konsep yang diusung dalam tubuh CUPS ini. Dengan segala hal yang terjadi pada tubuh CUPS tersebut, rebranding merupakan cara untuk meraih kembali pasar atau pecinta kuliner untuk mengenalkan kembali CUPS yang baru ini ditengah masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengapa CUPS Coffee Shop melakukan perubahan nama tempat, konsep, tempat dan segmentasi pasarnya? (2) Bagaimana proses rebranding CUPS Coffee & Kitchen? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam kepada General Manager, Marketing Manager, serta Human Resources Manager dari CUPS Coffee & Kitchen dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah adanya pergantian manajemen dari CUPS yang merasa perubahan ini sangat tepat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi CUPS sehingga rebranding ini dilakukan. Lalu melewati beberapa proses rebranding dan beberapa kendala, sehingga didapat solusi, yang menghasilkan suatu strategi dari CUPS Coffee & Kitchen dan berujung membentuk identitas baru CUPS dihadapan konsumennya sebagai kafe yang diminati di Kota Bandung. 
dc.description CUPS Coffee & Kitchen adalah salah satu kafe yang tengah meramaikan persaingan kafe di Kota Bandung. Namun dalam perjalanannya, CUPS pun mengalami perubahan nama dan perombakan serta penyesuaian-penyesuaian baru dalam hal segmentasi pasarnya dan juga konsep yang diusung dalam tubuh CUPS ini. Dengan segala hal yang terjadi pada tubuh CUPS tersebut, rebranding merupakan cara untuk meraih kembali pasar atau pecinta kuliner untuk mengenalkan kembali CUPS yang baru ini ditengah masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengapa CUPS Coffee Shop melakukan perubahan nama tempat, konsep, tempat dan segmentasi pasarnya? (2) Bagaimana proses rebranding CUPS Coffee & Kitchen? (3) Bagaimana kendala yang dihadapi dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam kepada General Manager, Marketing Manager, serta Human Resources Manager dari CUPS Coffee & Kitchen dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah adanya pergantian manajemen dari CUPS yang merasa perubahan ini sangat tepat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi CUPS sehingga rebranding ini dilakukan. Lalu melewati beberapa proses rebranding dan beberapa kendala, sehingga didapat solusi, yang menghasilkan suatu strategi dari CUPS Coffee & Kitchen dan berujung membentuk identitas baru CUPS dihadapan konsumennya sebagai kafe yang diminati di Kota Bandung.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.publisher Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/4421/pdf
dc.rights Copyright (c) 2016 Prosiding Manajemen Komunikasi
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 365 - 370
dc.source Prosiding Manajemen Komunikasi; Vol 2, No 2, Prosiding Manajemen Komunikasi (Agustus, 2016); 365 - 370
dc.source 2460-6537
dc.subject Proceedings of Communication Management
dc.subject Brand, Rebranding, CUPS Coffee & Kitchen.
dc.subject Ilmu Komunikasi dan Manajemen Komunikasi
dc.subject Brand, Rebranding, CUPS Coffee & Kitchen
dc.title Rebranding CUPS Coffee Shop menjadi CUPS Coffee & Kitchen
dc.title Rebranding CUPS Coffee Shop menjadi CUPS Coffee & Kitchen
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif, Studi Kasus


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Manajemen Komunikasi [680]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Komunikasi Konsentrasi Manajemen Komunikasi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account