Description:
Sistem informasi akuntansi yang dibangun dengan baik dan benar dapat meningkatkan produktivitas, layanan, dan kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini (1)Untuk mengetahui kualitas sistem informasi akuntansi, kualitas informasi akuntansi, kualitas jasa, dan kepuasan pengguna pada Bank Umum Syariah di Bandung; (2)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kepuasan pengguna; (3)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas informasi akuntansi terhadap kepuasan pengguna; (4)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pengguna; (5)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi, kualitas informasi akuntansi dan kualitas jasa terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan populasi sejumlah 12 Bank berdasarkan sampel jenuh. Peneliti menggunakan alat analisis regresi berganda, teknik pengumpulan data lapangan dan kepustakaan, serta instrumen penelitian kuesioner dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1)Kualitas sistem informasi akuntansi,kualitas informasi akuntansi, dan kualitas jasa pada Bank Umum Syariah di Bandung termasuk kedalam kategori baik; (2)Kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 47,6%; (3)Kualitas informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 23,6%; (4)Kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 28,1%; (5)Kualitas sistem informasi akuntansi,kualitas informasi akuntansi,dan kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 99,3%.Sisanya sebesar 0,7% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.