Universitas Islam Bandung Repository

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Kredit Konsumsi Bank Persero di Indonesia Tahun 2001 – 2016

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Rahmah, Raisa Awalliatu
dc.creator Amaliah, Ima
dc.creator Haviz, Meidy
dc.date 2017-08-11
dc.date.accessioned 2019-09-12T07:50:22Z
dc.date.available 2019-09-12T07:50:22Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/8509
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25079
dc.description Bank is a financial institution that has an intermediary function that is collecting funds in the form of deposits and channeling in the form of credit. The main sources of bank income derived from credit distribution and credit offerings in the banking system are strongly influenced by several indicators. The purpose of this study is to determine what factors affect the supply of consumer credit offerings in state banks in Indonesia. The data used is the time series of quarterly data during the period of 2001 - 2016. The method used in this research is Ordinary Least Square / OLS. The results showed that overall all independent variables used in the model have a significant effect on the consumer credit offerings of state banks in Indonesia during the period 2001-2015. Partial test results obtained that the variable interest rates have a negative and significant effect on the supply of consumer credit, influential inflation variables Negative and significant effect on the supply of consumer credit and the variable of gross domestic product have a positive and significant effect to the supply of consumer credit period 2001-2016.
dc.description Bank adalah lembaga keuangan yang memiliki fungsi intermediasi yaitu menghimpun dana dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dalam bentuk kredit. Sumber utama pendapatan bank berasal dari kegiatan penyaluran kredit dan penawaran kredit dalam perbankan sangat dipengaruhi oleh beberapa indikator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi penawaran penawaran kredit konsumsi pada bank persero di Indonesia. Data yang digunakan adalah runtun waktu data triwulanan selama periode 2001 – 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Ordinary Least Square/OLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan semua variabel bebas yang digunakan dalam model berpengaruh signifikan terhadap penawaran kredit konsumsi bank persero di Indonesia selama periode 2001 – 2016. Pengujian secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel suku bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penawaran kredit konsumsi, variabel inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penawaran kredit konsumsi dan variabel produk domestik bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap penawaran kredit konsumsi periode 2001 – 2016.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/8509/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Ilmu Ekonomi
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 3, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2017); 178-182
dc.source Prosiding Ilmu Ekonomi; Vol 3, No 2, Prosiding Ilmu Ekonomi (Agustus, 2017); 178-182
dc.source 2460-6553
dc.subject Ilmu Ekonomi
dc.subject Interest rate, inflation and gross domestic product (GDP)
dc.subject ekonomi moneter
dc.subject Suku Bunga, Inflasi dan Produk Domestik Bruto (PDB)
dc.title Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Kredit Konsumsi Bank Persero di Indonesia Tahun 2001 – 2016
dc.title Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Kredit Konsumsi Bank Persero di Indonesia Tahun 2001 - 2016
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kuantitatif deskriptif
dc.type kuantitatif deskriptif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account