Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Sistem Antrian dengan Menggunakan Metode Single Channel - Multi Phase untuk Meminimumkan Waktu Tunggu pada Grapari Digilife Dago Bandung

Show simple item record

dc.contributor
dc.creator Fitri, irsalia Sahrina
dc.creator Aspiranti, Tasya
dc.creator Koesdiningsih, Nining
dc.date 2017-08-10
dc.date.accessioned 2019-09-13T04:14:25Z
dc.date.available 2019-09-13T04:14:25Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/7846
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/25465
dc.description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian pelanggan dan mengetahui jumlah customer service yang optimal untuk melayani pelanggan dengan menggunakan sistem antrian alternatif dan model tingkat aspirasi menggunakan Multi Channel-Multi phase System pada Grapari Digilife. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Hari dan waktu penelitian yaitu lima hari selama jam 12.00 hingga jam 17.00 dan terdapat tiga fasilitas counter customer service di Grapari Digilife. Situasi antrian yang cukup sibuk terdapat pada hari Selasa dan Jumat, tingkat kesibukan customer service () pada hari Selasa sebesar 90 dan Jum’at 93 waktu yang dihabiskan pelanggan untuk menunggu (Wq) 23,3 menit pada hari Selasa dan 30,4 menit pada hari Jum’at waktu menunggu pelanggan dalam sistem antrian (Ws) sebesar 31,2 menit pada hari selasa dan 37,68 menit untuk hari Jumat, setelah dilakukan penambahan counter menjadi empat memberikan kinerja antrian yang lebih baik dengan ( untuk hari Selasa dan 70untuk hari Jum’at. (Wq) 2,39 menit pada hari Selasa dan 2,56 menit untuk hari Jum’at. Waktu tunggu pelanggan dipersingkat menjadi (Ws) 9,84 menit pada hari Selasa dan Jumat.
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/7846/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/downloadSuppFile/7846/1346
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Manajemen
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2017); 861-865
dc.source Prosiding Manajemen; Vol 3, No 2, Prosiding Manajemen (Agustus, 2017); 861-865
dc.source 2460-6545
dc.subject Manajemen
dc.subject Model Antrian Multi Channel, Multi Phase, Model Pelayanan ganda
dc.title Analisis Sistem Antrian dengan Menggunakan Metode Single Channel - Multi Phase untuk Meminimumkan Waktu Tunggu pada Grapari Digilife Dago Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account