Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Terhadap Perkembangan Bayi (0‒12 Bulan) di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Kedokteran
dc.contributor universitas Islam Bandung
dc.creator Fauziah, Nika
dc.creator Tanuwidjaja, Suganda
dc.creator Yunus, Amry
dc.date 2018-08-09
dc.date.accessioned 2019-09-13T05:58:43Z
dc.date.available 2019-09-13T05:58:43Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/12669
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/26335
dc.description Abstract. The period of child development in the first years of life is an important period for the basic formation of a children personality. Many factors that can affect the development of children, one of them is the role of a mother including knowledge and education. that contribute an important role to achieve optimal development. This study aims was to determine The Relationship between levels of education and mother’s level of knowledge about infant development. This study method was an observational analytic with cross-sectional approach. The subjects were mothers who had children aged 0‒12 months in the Kelurahan Tamansari of Bandung City. Samples technique used consecutive sampling were a sample of 115 people which complete the criteria of inclusion and exclusion. The data collectted for education and knowledge levels obtained by using questionnaire. Development tests were using a PreScreening Appraisal Questionnaire (KPSP). Aspects of assessed development include gross motor, fine motor, speech, language, social and independence. Processing data using SPSS and statistical analysis using Fisher's exact test.  The result of the study about education and infant development, obtained p 0.12 (> 0,05). For the relationship of knowledge level to infant development shows a mother with a good knowledge,  have a infant with normal development is 49 (70%) and the results of statistical analysis shows that there was a significant  relationship between the level of  knowledge and development of children with p value 0,01 (<0,05). In conclusions, there is no relationship between the level of mothers  education and infants development whereas there is a relatinship between  the level of knowledge of mothers with infants development. This shows good level of mother’s knowledge will have good behavior to stimulate more optimal development.Keywords: Education, Infant development, Mother knowledge.Abstrak. Masa perkembangan anak pada tahun pertama kehidupan adalah masa penting untuk pembentukan dasar kepribadian seorang anak. Banyak faktor yang dapat memengaruhi perkembangan anak, salah satunya peran seorang ibu meliputi pengetahuan dan pendidikan yang berkontribusi untuk mencapai perkembangan optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap perkembangan bayi. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ibu yang memiliki anak usia 0‒12 bulan di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel consecutive sampling dengan 115 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data untuk pendidikan dan pengetahuan diambil dengan kuesioner. Tes perkembangan dilakukan menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Aspek perkembangan yang dinilai  meliputi motorik kasar, motorik halus, bicara, bahasa, sosial dan kemandirian. Pengolahan data menggunakan program SPSS dan analisis statistik menggunakan Fisher's exact. Hasil penelitian mengenai hubungan pendidikan ibu dengan perkembangan bayi diperoleh p 0,12 (>0,05). Hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan terhadap perkembangan bayi menunjukan ibu dengan tingkat pengetahuan baik, sebagian besar memiliki bayi dengan perkembangan normal sebanyak 49 (70%) dan analisis statistik menunjukkan hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perkembangan anak, diperoleh p 0,01 (<0,05). Simpulan, tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bayi sedangkan terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan perkembangan bayi. Hal ini menunjukkan tingkat pengetahuan ibu yang baik akan mempunyai perilaku yang baik untuk menstimulasi perkembangan lebih optimal.Kata Kunci: Pendidikan, Pengetahuan ibu, Perkembangan bayi.
dc.description Abstract. The period of child development in the first years of life is an important period for the basic formation of a children personality. Many factors that can affect the development of children, one of them is the role of a mother including knowledge and education. that contribute an important role to achieve optimal development. This study aims was to determine The Relationship between levels of education and mother’s level of knowledge about infant development. This study method was an observational analytic with cross-sectional approach. The subjects were mothers who had children aged 0‒12 months in the Kelurahan Tamansari of Bandung City. Samples technique used consecutive sampling were a sample of 115 people which complete the criteria of inclusion and exclusion. The data collectted for education and knowledge levels obtained by using questionnaire. Development tests were using a PreScreening Appraisal Questionnaire (KPSP). Aspects of assessed development include gross motor, fine motor, speech, language, social and independence. Processing data using SPSS and statistical analysis using Fisher's exact test.  The result of the study about education and infant development, obtained p 0.12 (> 0,05). For the relationship of knowledge level to infant development shows a mother with a good knowledge,  have a infant with normal development is 49 (70%) and the results of statistical analysis shows that there was a significant  relationship between the level of  knowledge and development of children with p value 0,01 (<0,05). In conclusions, there is no relationship between the level of mothers  education and infants development whereas there is a relatinship between  the level of knowledge of mothers with infants development. This shows good level of mother’s knowledge will have good behavior to stimulate more optimal development.Keywords: Education, Infant development, Mother knowledge.Abstrak. Masa perkembangan anak pada tahun pertama kehidupan adalah masa penting untuk pembentukan dasar kepribadian seorang anak. Banyak faktor yang dapat memengaruhi perkembangan anak, salah satunya peran seorang ibu meliputi pengetahuan dan pendidikan yang berkontribusi untuk mencapai perkembangan optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap perkembangan bayi. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ibu yang memiliki anak usia 0‒12 bulan di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel consecutive sampling dengan 115 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data untuk pendidikan dan pengetahuan diambil dengan kuesioner. Tes perkembangan dilakukan menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Aspek perkembangan yang dinilai  meliputi motorik kasar, motorik halus, bicara, bahasa, sosial dan kemandirian. Pengolahan data menggunakan program SPSS dan analisis statistik menggunakan Fisher's exact. Hasil penelitian mengenai hubungan pendidikan ibu dengan perkembangan bayi diperoleh p 0,12 (>0,05). Hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan terhadap perkembangan bayi menunjukan ibu dengan tingkat pengetahuan baik, sebagian besar memiliki bayi dengan perkembangan normal sebanyak 49 (70%) dan analisis statistik menunjukkan hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan perkembangan anak, diperoleh p 0,01 (<0,05). Simpulan, tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan perkembangan bayi sedangkan terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan perkembangan bayi. Hal ini menunjukkan tingkat pengetahuan ibu yang baik akan mempunyai perilaku yang baik untuk menstimulasi perkembangan lebih optimal.Kata Kunci: Pendidikan, Pengetahuan ibu, Perkembangan bayi.  
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/12669/pdf
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/downloadSuppFile/12669/2700
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/downloadSuppFile/12669/2701
dc.rights Copyright (c) 2018 Prosiding Pendidikan Dokter
dc.source Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 4, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2018); 178-186
dc.source Prosiding Pendidikan Dokter; Vol 4, No 1, Prosiding Pendidikan Dokter (Agustus, 2018); 178-186
dc.source 2460-657X
dc.subject Kedokteran
dc.subject Pendidikan, Pengetahuan ibu, Perkembangan bayi
dc.subject di Kelurahan Tamansari Kota Bandung
dc.subject Pendidikan, Pengetahuan ibu, Perkembangan bayi.
dc.title Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Terhadap Perkembangan Bayi (0‒12 Bulan) di Kota Bandung
dc.title Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Terhadap Perkembangan Bayi (0‒12 Bulan) di Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif
dc.type observasional analitic,cross sectional


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account