Universitas Islam Bandung Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar Berseri (Penelitian Tindakan Kolaboratif di PAUD Nurul Hikmah Bandung)

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
dc.creator Rahmawati, Suci
dc.creator Nuroni, Enoh
dc.creator Mulyani, Dewi
dc.date 2020-01-27
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20938
dc.identifier 10.29313/.v0i0.20938
dc.description Abstract. This research was conducted on the basis of the problem that arose in the children of B Paud Nurul Hikmah Bandung, namely the low expressive language skills of children.  Thus required learning stimuli that can support the expressive language skills of children.  One of them is through storytelling using serial media that can improve children's expressive language ability in group B Paad Nurul Hikmah (Collaborative Classroom Action Research) between class teachers and researchers with Kurt Lewin's Model consisting of four components of planning, implementation, observation, and reflection.  Data collection techniques using observation, documentation and interviews Instruments used in observation in the form of research sheets, for documentation using a photo camera to document all activities of children during the activity and interviews using interview guidelines with group B teachers to find out the conditions and problems faced.  Lokaei Research took place in Pad Narul Hikmah Bandung with the participation of 15 children.  research results obtained at the beginning of the expressive language of children are in the category not yet developed (BB).  Then, at the end of cycle I, most children are in the Beginning Development (MB) category.  Significant improvement at the end of cycle II, where most were in the Developing As Expected (BSH) category.  Learning through storytelling with a picture turns out to be able to increase the ability of expressive language children Group B Paad Nurul Hikmah Bandung. Keywords: Expressive Language, Storytelling, Images seriallyAbstrak. Penelitian ini diakukan atas dasar permasalahan yarg muncul pada anak anak B Paud Nurul Hikmah Bandung, yaitu rendahnya kemampuan berbahasa ekspresif anak. Dengan demikian diperlukan rangsangan pembelajaan yang dapat menunjang kemampuan berbahasa ekspresif anak. Salah satunya melalu bercerita menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan kemanpuan berbahasa ekspresif anak pada kelompok B Paad Nurul Hikmah (Penelitian Tindakan  Kelas Kolaboratif) antara guru kelas dan peneli dengan Model Kurt Lewin terdiri dari empat komponen perencaan, pelakanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara Instrumen yag digunakan dalam obervasi berupa lembar penelitian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasi segala aktivitas anak selama kegiatan dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru Kelompok B untuk mengetah kondisi dan permasalah yang di hadapi. Lokaei Penelitian bertempat di Pad Narul Hikmah Bandung dengan partisipasi anak sebanyak 15 orang. hasil penelitian yang diperoleh pada kondi awal berbahasa ekspresif anak berada pada kategori belum berkenbang (BB). Kemudia pada akhir siklus I sebagian besar anak berada pada kategori Mulai Berkembang (MB). Peningkatan yang cukup signifikan pada saat akhir siklus II dimana sebagian besar berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pembelajaran melalu bercerita dengan gambar berseri ternyata dapat meningkatkan kemampun berbahasa ekspresif anak Kelompok B Paad Nurul Hikmah Bandung.Kata Kunci : Berbahasa Ekspresif, Bercerita, Gambar berseri
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/20938/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Pendidikan Guru PAUD
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 112-116
dc.source Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 6, No 1, Pendidikan Guru PAUD (Februari, 2020); 112-116
dc.source 2460-6421
dc.source 10.29313/.v0i0
dc.subject Pendidikan Guru PAUD
dc.subject Berbahasa Ekspresif, Bercerita, Gambar berseri
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar Berseri (Penelitian Tindakan Kolaboratif di PAUD Nurul Hikmah Bandung)
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - PG PAUD [106]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account