Universitas Islam Bandung Repository

MODEL PEMBELAJARAN TIPOLOGI MAZHAB (ISLAM-SUFI DAN ISLAM-SYARI’AT) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI

Show simple item record

dc.contributor.author YAHYA, M. WILDAN
dc.contributor.author RAHMAT, MUNAWAR
dc.date.accessioned 2020-07-17T09:41:17Z
dc.date.available 2020-07-17T09:41:17Z
dc.date.issued 2020-05
dc.identifier.issn 2599-2481 (Online)
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/27764
dc.description.abstract Abstract : In Sufi order (tarekat), Islam-Sufi is the practice of Islam that is bound in the teacher-student relationship. Can Islam-Sufi be implemented in universities? The study aims to examine the effectiveness of the madhhab typology learning models (Islam-Sufi and Islam-Syari’at) to improve the understanding and tolerance of madhhab among students. This research uses the R&D approach. The initial stage of testing the limited model at Universitas Islam Bandung (UNISBA) and Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). The results of the study show that the learning model of madhhab typology is effective in increasing students’ understanding and tolerance of the diversity madhhabs. Before lecturing, students looked at Sufism as foreign entity influenced by non-Islamic teaching. But after lectures (six times meetings), they mostly accepted and argued that Sufism had a strong basis from the Quran, the Sunnah, and the practice of pious Ulamas. Abstrak : Dalam tarekat, Islam-Sufi adalah pengamalan Islam yang diikat dalam hubungan guru-murid. Bisakah Islam-Sufi diimplementasikan di universitas? Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran tipologi mazhab (Islam-Sufi dan Islam Syari’at) untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi bermazhab di kalangan mahasiswa dalam perkuliahan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D. Tahap awal uji-coba model dilakukan secara terbatas di Universitas Islam Bandung (UNISBA) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipologi mazhab (Islam-Sufi dan Islam-Syari’at) terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan toleransi mahasiswa terhadap mazhab yang berbeda. Sebelum perkuliahan mahasiswa umumnya memandang asing Islam-Sufi. Bahkan sebagian kecil dari mereka kurang menerimanya dengan tuduhan Islam-Sufi sebagai pengaruh non-Islam. Tetapi setelah perkuliahan (enam kali tatap muka), mereka kebanyakan menerimanya dan berpendapat bahwa Islam-sufi memiliki basis yang kuat dari Al-Quran, Al-Sunnah, dan praktek para Ulama saleh. en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung en_US
dc.subject Tipologi Mazhab, Islam-Sufi, Islam-Syari’at, Toleransi Bermazhab en_US
dc.title MODEL PEMBELAJARAN TIPOLOGI MAZHAB (ISLAM-SUFI DAN ISLAM-SYARI’AT) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account