Universitas Islam Bandung Repository

Studi Deskriptif Perkembangan Kognisi dan Psikososial dalam Program Kerja TPA Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor Fakultas Psikologi
dc.creator Sandriana, Aulia Millatina
dc.creator Aslamawati, Yuli
dc.date 2020-08-13
dc.date.accessioned 2021-03-15T03:37:21Z
dc.date.available 2021-03-15T03:37:21Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/22358
dc.identifier 10.29313/.v6i2.22358
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/28521
dc.description Abstract. The millennial generation is a potential generation because people who are included in the millennial generation are closely related to technology. The development of increasingly renewable technology allows the millennial generation to accommodate creative and original ideas in their activities. The millennial generation is also a generation that wants a work-life balance. So, they will optimize how to balance their work and personal life. The purpose of this study was to obtain an overview of the cognitive and psychosocial development in the Bandung City TPA work program. Child Care Center (TPA) is a form of PAUD (Early Childhood Education) unit in the field of non-formal education that organizes educational programs starting from birth to children aged 6 years. The research method used is descriptive quantitative. The measuring instrument is an open questionnaire derived from the technical guidelines for TPA. The sampling method used was incidental sampling. The results showed that 15 TPA were respondents who made programs tailored to the cognitive and psychosocial growth needs of children according to their age. In the recruitment of educators, each TPA has qualifications but has not emphasized the ownership of special certification related to careKeywords: cognitive development, psychosocial, daycare, programAbstrak. Generasi milenial merupakan generasi yang potensial karena masyarakat yang termasuk dalam generasi milenial lekat dengan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin terbarukan membuat generasi milenial dapat mengakomodir ide kreatif dan orisinil dalam aktivitas mereka. Generasi milenial juga merupakan generasi yang menginginkan work-life balance. Jadi, mereka akan mengoptimalkan bagaimana agar pekerjaan dan kehidupan personal mereka seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai perkembangan kognisi dan psikososial dalam program kerja TPA Kota Bandung. Tempat Penitipan Anak (TPA) adalah salah satu bentuk satuan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di bidang pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan terhitung sejak anak lahir sampai dengan anak usia 6 tahun. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Alat ukur berupa angket terbuka yang diturunkan dari juknis TPA. Metode sampling yang digunakan adalah insidental sampling. Hasil penelitian menunjukan 15 TPA yang menjadi responden membuat program yang disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan kognisi dan psikososial anak sesuai dengan usianya. Pada rekrutmen pendidik, setiap TPA memiliki kualifikasi namun belum menekankan pada kepemilikan sertifikasi khusus terkait pengasuhanKata Kunci: perkembangan kognisi, psikososial, TPA, program.
dc.format application/pdf
dc.language eng
dc.publisher Universitas Islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/22358/pdf
dc.rights Copyright (c) 2020 Prosiding Psikologi
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2020); 210-213
dc.source Prosiding Psikologi; Vol 6, No 2, Prosiding Psikologi (Agustus, 2020); 210-213
dc.source 2460-6448
dc.source 10.29313/.v6i2
dc.subject Psikologi
dc.subject perkembangan kognisi, psikososial, TPA, program.
dc.title Studi Deskriptif Perkembangan Kognisi dan Psikososial dalam Program Kerja TPA Kota Bandung
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Kuantitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Sp - Psikologi [970]
    Koleksi skripsi ringkas dalam format artikel Fakultas Psikologi

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account