Description:
Abstract. With so much internet usage, Nowadays digital campaigns have become one of the new trends used by various parties to persuade a wider audience, such as companies and influencers. The phenomenon of digital campaigns has succeeded in attracting the attention of many people because it can be easily accessed by the public.Digital campaigns are thus "a series of activities organized and designed for specific purposes related to the company's mission through digital technology" (Fransisca, 2016: 32). Persuasion is inherently contained in a campaign. Therefore, every campaign action is in principle an act of persuasion. Based on this the theory used in this study is the Elaboration Likehood Model Theory, where this theory explains the various ways in which people evaluate the information received (Littlejohn & Foss, 2008: 109). The campaign itself has a number of key dimensions or components including Communication, Message Content and channels or media (Venus, 2018). The purpose of this research is to find out the relationship between #LokalPride digital campaigns and Purchasing Decisions. The method used in this study is a quantitative method with a correlational approach. Data collection techniques in the form of questionnaires, and literature study. The population in this study were students of the Faculty of Communication Sciences Unisba by sampling using a random sampling technique.Keywords: Digital Campaign, Purchase Decision, #LocalPride Abstrak. Dengan banyaknya penggunaan internet, Saat ini kampanye digital telah menjadi salah satu tren baru yang digunakan oleh berbagai pihak untuk mempersuasi khalayak yang lebih luas, seperti perusahaan dan influencer. Fenomena kampanye digital telah banyak berhasil menarik perhatian khalayak karena dapat dengan mudah di akses oleh masyarkat. Kampanye digital dengan demikian merupakan “serangkaian kegiatan terorganisir dan dirancang untuk tujuan tertentu terkait dengan misi perusahaan melalui teknologi digital” (Fransisca, 2016: 32). Persuasi secara inheren terkandung dalam kampanye. Dengan begitu, setiap tindakan kampanye pada prinsipnya merupakan tindakan persuasi. Berdasarkan hal tersebut teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Elaboration Likehood Model Theory, dimana teori ini menjelaskan berbagai cara orang dalam mengevalasi informasi yang diterima (Littlejohn & Foss, 2008:109). Kampanye sendiri memiliki beberapa dimensi atau komponen pokok diantaranya Komunikaor, Isi Pesan dan saluran atau media (Venus,2018). Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kampanye digital #LokalPride dengan Keputusan Pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fikom Unisba dengan penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Hubungan antara Saluran Kampnye Digital #LocalPride dengan Keputusan Pembelian Sepatu Compass.Kata Kunci: Kampanye Digital, Keputusan Pembelian, #LokalPride