Abstract:
Kegiatan muhadharah dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih mental para
siswa sehingga bisa percaya diri ketika berbicara di depan umum terutama ketika
suatu saat berkegiatan dakwah di depan khalayak dengan dibimbing oleh para
pengurus majelis ta’lim ataupun para pengajar (ustad/ustadah).
Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana skill
public speaking siswa sebelum mengikuti kegiatan muhadharah di Majlis Ta’lim Al-
Faatih, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah di Majlis
Ta’lim Al–Faatih Padalarang, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan
muhadharah terhadap peningkatan skill public speaking siswa Majlis Ta’lim Al-Faatih.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif teknik
eksperimen dengan one group pre test – post test design dan menggunakan teknik
pengumpulan data: kuisioner, dokumentasi, observasi dan wawancara.
Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validasi, uji reabilitas, statistik
deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji F, uji T, model regresi koefesien determinasi,
dan uji asumsi normalitas, uji heteroskedestisitas, dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian terhadap siswa Majlis Ta’lim Al-Faatih menggambarkan bahwa
diperoleh berdasarkan output analisisnya, nilai R-square dari model regresi yang
menunjukkan bahwa peningkatan skill public speaking dipengaruhi oleh kegiatan
muhadharah.
Skill public speaking siswa sebelum mengikuti kegiatan muhadharah secara
rata-rata lebih dari separuh siswa dinilai cukup dan sesudahnya diperoleh rata-rata
yang meningkat menjadi hampir seluruh siswa cukup baik dalam kemampuan public
speaking. Kegiatan muhadharah di majlis ta’lim Al–Faatih berpengaruh terhadap
peningkatan skill public speaking secara signifikan yang dinyatakan cukup baik.