Universitas Islam Bandung Repository

Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Ma-Alhidayah Ibun

Show simple item record

dc.contributor.author Rohmah, Rizki Zakiyah Nur
dc.date.accessioned 2023-02-01T07:52:36Z
dc.date.available 2023-02-01T07:52:36Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30781
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang terjadi di MA Al- Hidayah Ibun dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), yaitu terjadinya interaksi belajar mengajar satu arah yang menjadikan peran guru sangat dominan dan pembelajaran pun menjadi pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI, serta mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yaitu untuk mencari hubungan antara variabel x dan variabel y. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa di MA Al-Hidayah Ibun yang berjumlah 123. Adapun jumlah sampel diambil 25% dari jumlah populasi yakni sebanyak 40 siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus mean, median, modus dan standar deviasi untuk menghitung kategori interaksi edukatif dan minat belajar siswa. sedangkan untuk mencari hubungan antara variabel x dan y peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecenderungan variabel interaksi guru dengan siswa yaitu sebanyak 10 % (3 siswa) berada pada kategori tinggi, sebanyak 73,4 % (22 siswa) berada pada kategori sedang, dan 16,6% (5 siswa) berada pada kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru dengan siswa di MA Al-Hidayah Ibun termasuk pada kategori sedang. (2) Kecenderungan variabel minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI yaitu sebanyak 13,3 % (3 siswa) berada pada kategori tinggi, sebanyak 70 % (22 siswa) berada pada kategori sedang, dan 16,7% (5 siswa) berada pada kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MA Al-Hidayah Ibun termasuk pada kategori sedang.(3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al-Hidayah Ibun. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis menggunakan korelasi product moment, diperoleh nilai koefisien korelasi rhitung = 0,5304, kemudian dikonsultasikan dengan nilai r product moment dengan n = 30 pada taraf signifikan 5% atau 0,05 yaitu 0,361. Maka diambil kesimpulan bahwa rhitung > rtabel, sehingga Hipotesis 1 diterima. (4) Faktor internal yang menyebabkan rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI diantaranya intelegensi, bakat, kotivasi dan perhatian. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu interaksi edukatif, metode pembelajaran, media pembelajaran, lingkungan, dan motivasi. en_US
dc.publisher Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Interaksi edukatif, minat belajar, siswa en_US
dc.title Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Ma-Alhidayah Ibun en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account