Abstract:
Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains Dalam Mengembangkan Aspek
Kognitif Anak Kelompok B di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung.
Dwi Handayani. NPM 10030216003.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap pengelolaan
pembelajaran sains dalam mengembangkan aspek kognitif anak kelompok B di TK
Telkom Dayeuhkolot Bandung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian,
faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran sains. Pengelolaan
pembelajaran sains di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung mengacu pada
Kurikulum 2013 dan bersumber pada bahan ajar Model Mahmud dari Kementerian
Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal,
dan Informal Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal , dan
Informal (PP- PAUDNI) REGIONAL 1 Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik untuk menggambarkan
tentang pengelolaan pembelajaran sains dalam mengembangkan aspek kognitif
anak kelompok B secara aktual dan sesuai yang ada di TK Telkom Dayeuhkolot
Bandung. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis secara deskriptif analitik.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa pengelolaan terkait perencanaan,
pelaksanaan, penilaian, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran
sains dalam mengembangkan aspek kognitif anak kelompok B di TK Telkom
Dayeuhkolot Bandung mengacu pada Kurikulum 2013 dan bersumber pada bahan
ajar Model Mahmud dari Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal
Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Pusat Pengembangan
Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal , dan Informal (PP- PAUDNI)
REGIONAL 1 Bandung. Perencanaan pembelajaran sains meliputi program
perencanaan kegiatan sains pada anak usia dini, persiapan alat dan bahan
pembelajaran sains pada anak usia dini. Pelaksanaan pembelajaran sains kelompok
B di TK Telkom Dayeuhkolot Bandung dimulai dari langkah menata lingkungan
main, pembukaan, transisi, kegiatan inti dan penutup. Penilaian pembelajaran
sains dilakukan sesuai dengan indikator penilaian yang dilakukan dengan cara
mengumpulkan data hasil observasi. Faktor pendukung pembelajaran sains terdiri
dari faktor internal dan eksternal sedangkan faktor penghambat pembelajaran sains
yaitu sulitnnya menyesuaikan pembelajaran sains yang sesuai dengan tema.