Abstract:
Prodi Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas
Islam Bandung, Jl. Ranggading No.8 Bandung 40116
Email: enung022@gmail.com
Abstrak. Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membilang melalui
permainan menggunakan kubus angka pada anak kelompok A Kober Amalia
Kecamatan Astanaanyar Bandung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Yang dilaksanakan 4 Siklus mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Subjek
penelitian ini adalah 12 anak Kelompok A Kober Amalia Kecamatan
Astanaanyar Bandung yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penalitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika hasil 75%
dari seluruh anak yang mencapai kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kemampuan membilang anak dapat meningkat
melalui permainan menggunakan kubus angka. Kondisi awal kemampuan
membilang anak berkembang sesuai harapan mencapai 8.33%. setelah
dilaksanakan tindakan siklus I, kemampuan membilang anak meningkat pada
kriteria berkembang sesuai harapan cukup baik dengan presentase 25 %, pada
siklus II, kemampuan membilang anak meningkat dengan kriteria berkembang
sesuai harapan mencapai 58,33% pada siklus III kemampuan membilang anak
meningkat baik, dengan kriteria berkembang sesuai harapan mencapai 66,67%,
dan pada siklus IV, kemampuan membilang anak meningkat sangat baik dengan
kriteria berkembang sesuai harapan mencapai 83,33%. Langkah-langkah
pelaksanaan tindakan untuk meningkatkan kemampuan membilang anak dengan
permainan menggunakan kubus angka antara lain: 1) menyiapkan media kubus
angka yang akan digunakan, 2) memperkenalkan media kubus angka dan
menerangkan cara meggunakannya, 3) mengenalkan item-item angka dan gambar
benda, 4) menyanyikan lagu Angka, 5) membuat beberapa pelaturan, dan 6)
memberi reward kepada anak.