Abstract:
Bank BJB Syariah kantor pusat di Kota Bandung selalu berusaha
memperhatikan kebutuhan spesifik pelanggannya dengan seksama. Keterikatan
emosi (attachment) dan value yang tinggi inilah yang membuat pelanggan tidak
pernah berpikir untuk beralih ke bank lain. Penerapan Switching barrier atau
usaha-usaha yang dilakukan dalam mempertahankan konsumen yang sudah
menjadi nasabah yaitu dengan cara membuat feature-feature yang tidak ada di
Bank Syariah lainnya (competitor). Hal ini bertujuan untuk mempermudah
nasabah dalam proses transaksi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja
tanpa nasabah perlu datang ke kantor BJB Syariah. Akan tetapi dalam
melaksanakan switching barrier tersebut harus sejalan dengan nilai-nilai
marketing syariah mengingat BJB Syariah merupakan Bank Umum Syariah yang
cukup besar di wilayah Jawa Barat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep marketing syariah
dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Syariah, penerapan Switching
Barrier dalam kegiatan merketing di BJB Syariah Kantor Pusat Bandung, dan
analisa marketing syariah tentang penerapan Switching Barrier di BJB Syariah
Kantor Pusat Bandung.
Metode penelitian yang digunakan di sini adalah kualitatif deskriptif, yaitu
penelitian yang menguraikan kondisi yang ada dan memberikan analisis terhadap
fenomena tersebut. Tehnik penelitian menggunakan tehnik observasi dengan
pendekatan kualitatif normatif meneliti praktek starategi pemasaran switching
barrier di BJB Syariah Kantor Pusat Kota Bandung dan dianalisis konsep
marketing syariah.
Hasil penelitian ini adalah penerapan sistem marketing syariah dalam
meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Syariah hal ini harus dilakukan dengan
nilai-nilai dan etika bisnis Islam dalam memenuhi harapan nasabahnya. Penerapan
Switching Barrier dalam kegiatan merketing di BJB Syariah Kantor Pusat
Bandung hal ini dilakukan dengan kegiatan sales promotion memberikan
pelayanan tambahan yang diberikan pihak BJB Syariah Pusat Bandung berupa
pelayanan online dan pelayanan keluhan nasabah di beberapa outlite serta kantor
Cabang BJB Syariah di seluruh wilayah Kota Bandung, dan switching barriers
dalam pelaksanaan marketing dan pelayanan nasabah di BJB Syariah Kantor
Pusat Kota Bandung dalam meningkatkan loyalitas para nasabahnya tidak
bertentangan dengan nilai-nilai marketing syariah atau telah sesuai dengan nilainilai
syariah.
repository