Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Marketing Syariah Terhadap Penerapan Switching Barrier di BJB Syariah Kantor Pusat

Show simple item record

dc.contributor.author Fahlevi, Reza
dc.date.accessioned 2016-03-02T04:28:46Z
dc.date.available 2016-03-02T04:28:46Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3093
dc.description.abstract Bank BJB Syariah kantor pusat di Kota Bandung selalu berusaha memperhatikan kebutuhan spesifik pelanggannya dengan seksama. Keterikatan emosi (attachment) dan value yang tinggi inilah yang membuat pelanggan tidak pernah berpikir untuk beralih ke bank lain. Penerapan Switching barrier atau usaha-usaha yang dilakukan dalam mempertahankan konsumen yang sudah menjadi nasabah yaitu dengan cara membuat feature-feature yang tidak ada di Bank Syariah lainnya (competitor). Hal ini bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam proses transaksi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa nasabah perlu datang ke kantor BJB Syariah. Akan tetapi dalam melaksanakan switching barrier tersebut harus sejalan dengan nilai-nilai marketing syariah mengingat BJB Syariah merupakan Bank Umum Syariah yang cukup besar di wilayah Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep marketing syariah dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Syariah, penerapan Switching Barrier dalam kegiatan merketing di BJB Syariah Kantor Pusat Bandung, dan analisa marketing syariah tentang penerapan Switching Barrier di BJB Syariah Kantor Pusat Bandung. Metode penelitian yang digunakan di sini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menguraikan kondisi yang ada dan memberikan analisis terhadap fenomena tersebut. Tehnik penelitian menggunakan tehnik observasi dengan pendekatan kualitatif normatif meneliti praktek starategi pemasaran switching barrier di BJB Syariah Kantor Pusat Kota Bandung dan dianalisis konsep marketing syariah. Hasil penelitian ini adalah penerapan sistem marketing syariah dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Bank Syariah hal ini harus dilakukan dengan nilai-nilai dan etika bisnis Islam dalam memenuhi harapan nasabahnya. Penerapan Switching Barrier dalam kegiatan merketing di BJB Syariah Kantor Pusat Bandung hal ini dilakukan dengan kegiatan sales promotion memberikan pelayanan tambahan yang diberikan pihak BJB Syariah Pusat Bandung berupa pelayanan online dan pelayanan keluhan nasabah di beberapa outlite serta kantor Cabang BJB Syariah di seluruh wilayah Kota Bandung, dan switching barriers dalam pelaksanaan marketing dan pelayanan nasabah di BJB Syariah Kantor Pusat Kota Bandung dalam meningkatkan loyalitas para nasabahnya tidak bertentangan dengan nilai-nilai marketing syariah atau telah sesuai dengan nilainilai syariah. repository en_US
dc.description.sponsorship Zaini Abdul Malik,S,Ag.,MA en_US
dc.publisher Fakultas Syar'iah (UNISBA) en_US
dc.subject Marketing Syariah, Pelayanan, Switching Barrier, dan Loyalitas en_US
dc.title Analisis Marketing Syariah Terhadap Penerapan Switching Barrier di BJB Syariah Kantor Pusat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account