Abstract:
Penggunaan media sosial saat ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan
masyarakat modern khususnya di Bandung. Percepatan informasi menjadi
dampak yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satu bentuk
pemanfaatan tersebut adalah menggunakan sumber informasi yang praktis
dan tepat. Dari sekian banyak sumber informasi tersebut Internet
merupakan sebuah hal yang dianggap mempunyai arus paling cepat
dibandingkan yang lain. Dan salah satu bagian dari internet adalah media
sosial. Saat ini kita mengenal banyak sekali media sosial. mulai dari
Facebook, Twitter, BBM, LINE, Instagram, Pinterest, Ask.fm sampai
Path. salah satu dari media sosial tersebut yang banyak digunakan adalah
Instagram. Yang dimana saat ini banyak digunakan oleh pribadi maupun
kelompok/organisasi, Semenjak media sosial ini diakuisisi oleh Facebook
pada tahun 2012 penggunanya terus meningkat. Walaupun media sosial ini
hanya memfasilitasi pengguna untuk posting Foto dan Video beserta effect
untuk menunjangnya, ada juga fasilitas pendukung seperti Like dan
Comment, namun media sosial ini menurut majalah Marketeers
merupakan media yang sangat populer di kalangan anak muda, dan
penggunaan media sosial ini terus meningkat setiap tahun. Dengan
memanfaatkan fasilitas yang ada, juga beberapa kerabat, teman dekat,
saudara, teman kampus, teman kerja, dan masih banyak lagi orang lain
sebagai Followers, maka akan adanya potensi hubungan yang kuat antara
penggunaan media sosial Instagram ini dengan pembentukan citra diri
seseorang, khususnya di lingkungan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi
Unisba. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Korelasional.
Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: (1) Terdapat
hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Kognitif (kebutuhan
informasi, wawasan baru, Trend baru) terhadap pembentukan citra diri
seseorang. (2) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram
berdasarkan Integratif Personal (kredibilitas, tingkat stabilitas,
kepercayaan dan aktualisasi diri) terhadap pembentukan citra diri
seseorang. (3) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram
berdasarkan Integratif Sosial (kemudahan komunikasi, sarana bertukar
informasi) terhadap Pembentukan Citra Diri. (4) terdapat hubungan antara
penggunaan Instagram berdasarkan pelepasan ketegangan (tekanan
pikiran, sarana hiburan) terhadap Pembentukan Citra Diri.