Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Citra Diri

Show simple item record

dc.contributor.author Qashmal, Zaim; Ahmadi, Dadi
dc.date.accessioned 2016-03-05T04:01:49Z
dc.date.available 2016-03-05T04:01:49Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/view/305
dc.description.abstract Penggunaan media sosial saat ini tidak dapat dilepaskan dari kegiatan masyarakat modern khususnya di Bandung. Percepatan informasi menjadi dampak yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah menggunakan sumber informasi yang praktis dan tepat. Dari sekian banyak sumber informasi tersebut Internet merupakan sebuah hal yang dianggap mempunyai arus paling cepat dibandingkan yang lain. Dan salah satu bagian dari internet adalah media sosial. Saat ini kita mengenal banyak sekali media sosial. mulai dari Facebook, Twitter, BBM, LINE, Instagram, Pinterest, Ask.fm sampai Path. salah satu dari media sosial tersebut yang banyak digunakan adalah Instagram. Yang dimana saat ini banyak digunakan oleh pribadi maupun kelompok/organisasi, Semenjak media sosial ini diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 penggunanya terus meningkat. Walaupun media sosial ini hanya memfasilitasi pengguna untuk posting Foto dan Video beserta effect untuk menunjangnya, ada juga fasilitas pendukung seperti Like dan Comment, namun media sosial ini menurut majalah Marketeers merupakan media yang sangat populer di kalangan anak muda, dan penggunaan media sosial ini terus meningkat setiap tahun. Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, juga beberapa kerabat, teman dekat, saudara, teman kampus, teman kerja, dan masih banyak lagi orang lain sebagai Followers, maka akan adanya potensi hubungan yang kuat antara penggunaan media sosial Instagram ini dengan pembentukan citra diri seseorang, khususnya di lingkungan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Korelasional. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: (1) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Kognitif (kebutuhan informasi, wawasan baru, Trend baru) terhadap pembentukan citra diri seseorang. (2) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Integratif Personal (kredibilitas, tingkat stabilitas, kepercayaan dan aktualisasi diri) terhadap pembentukan citra diri seseorang. (3) Terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan Integratif Sosial (kemudahan komunikasi, sarana bertukar informasi) terhadap Pembentukan Citra Diri. (4) terdapat hubungan antara penggunaan Instagram berdasarkan pelepasan ketegangan (tekanan pikiran, sarana hiburan) terhadap Pembentukan Citra Diri. en_US
dc.description.sponsorship Dadi Ahmadi en_US
dc.publisher Fakultas Komunikasi (UNISBA) en_US
dc.subject Media Sosial, Instagram, Citra Diri en_US
dc.title Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Citra Diri en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account