Abstract:
SMA Mutiara 2 Bandung merupakan salah satu SMA Swasta berstatus
terakreditasi A yang terletak di Jalan Raya Cibeureum No. 10 Bandung.
Berdasarkan data-data yang diperoleh di SMA Mutiara 2 Bandung, banyak siswa
yang memiliki prestasi rendah, sering melanggar peraturan sekolah, tidak
mengerjakan tugas-tugas sekolah, tidak berpartisipasi dalam proses
pembelajaran, dan tidak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah (ekstrakurikuler),
siswa merasa tidak senang terhadap guru, teman sekelas, sekolah, dan proses
pembelajaran di kelas serta siswa malas belajar. Maksud dan tujuan diadakannya
penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai gambaran
school engagement dan faktor-faktor yang terkait pada siswa kelas X, XI dan XII
IPS di SMA Mutiara 2 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Populasi dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas X, XI dan XII IPS.
Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa skala school engagement yang
dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori school engagement dari Fredricks.
Data yang diperoleh berupa data ordinal, dengan pengolahan data menggunakan
perhitungan Persentase (%). Berdasarkan hasil pengolahan data, maka
didapatkan hasil bahwa sebanyak 16 siswa memiliki school engagement yang
rendah, dan 10 siswa memiliki school engamement yang tinggi. Serta untuk
faktor-faktor yang paling terkait dengan school engamement adalah faktor
orangtua dan faktor teman sekelas.