renaldi, regi; Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Hajarisman, Nusar; Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Suliadi, Suliadi; Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Description:
Teknik Multidimensional Scaling (MDS) merupakan salah satu bentuk eksplorasi data untuk memetakan atau mencari konfigurasi dari sejumlah obyek dalam ruang multidimensi menjadi dua atau lebih dimensi berdasarkan ukuran kedekatan antar obyek yang diteliti. Dalam pemasaran, analisis statistik adalah hal yang sangat penting, terutama dalam menganalisis persaingan antar produk, jasa atau merek tertentu. Beberapa tahun belakangan ini perkembangan industri dunia maya berkembang begitu pesat sehingga banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk menyediakan wadah bagi pelaku kegiatan E-Commerce berupa situs E-Commerce atau lazimnya disebut toko online. Bahkan karena sangat merajalelanya situs E-Commerce dikutip dari alexa.com bahwa empat dari sepuluh besar situs yang paling banyak dibuka di Indonesia ialah situs E-Commerce. Maka penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik Multidimensional Scalling untuk memetakan kemiripan dan ketidakmiripan antar situs E-commerce yang diukur melalui persepsi konsumen dikalangan mahasiswa unisba melalui analisis Multidimensional scaling non-metrik. Dari hasil analisis yang terjabarkan dalam Spatial Map menunjukan bahwa berdasarkan Harga, Kualitas Pelayanan, Kemanan dan Kemudahan Bertransaksi, Kaskus dan OLX serta Zalora dan Lazada berada masing-masing dalam satu kuadran sehingga dapat dikatakan memiliki kemiripan, sementara yang lainya terpisah kuadran.