Universitas Islam Bandung Repository

Penerapan Teknik Multidimensional Scaling Non-Metrik untuk Melihat Persepsi Konsumen Terhadap Situs E-Commerce

Show simple item record

dc.creator renaldi, regi; Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
dc.creator Hajarisman, Nusar; Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
dc.creator Suliadi, Suliadi; Prodi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
dc.date 2015-09-02
dc.date.accessioned 2016-04-12T06:19:30Z
dc.date.available 2016-04-12T06:19:30Z
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/statistika/article/view/2993
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3883
dc.description Teknik Multidimensional Scaling (MDS) merupakan salah satu bentuk eksplorasi data untuk memetakan atau mencari konfigurasi dari sejumlah obyek dalam ruang multidimensi menjadi dua atau lebih dimensi berdasarkan ukuran kedekatan antar obyek yang diteliti.  Dalam pemasaran, analisis statistik adalah hal yang sangat penting, terutama dalam menganalisis persaingan antar produk, jasa atau merek tertentu. Beberapa tahun belakangan ini perkembangan industri dunia maya berkembang begitu pesat sehingga banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk menyediakan wadah bagi pelaku kegiatan E-Commerce berupa situs E-Commerce atau lazimnya disebut toko online. Bahkan karena sangat merajalelanya situs E-Commerce dikutip dari alexa.com bahwa empat dari sepuluh besar situs yang paling banyak dibuka di Indonesia ialah situs E-Commerce. Maka penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik Multidimensional Scalling untuk memetakan kemiripan dan ketidakmiripan antar situs E-commerce yang diukur melalui persepsi konsumen dikalangan mahasiswa unisba melalui analisis Multidimensional scaling non-metrik. Dari hasil analisis yang terjabarkan dalam Spatial Map menunjukan bahwa berdasarkan Harga, Kualitas Pelayanan, Kemanan dan Kemudahan Bertransaksi, Kaskus dan OLX serta Zalora dan Lazada berada masing-masing dalam satu kuadran sehingga dapat dikatakan memiliki kemiripan, sementara yang lainya terpisah kuadran.
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.source Prosiding Statistika; Statistika (Gel 1 Th Akad 2015-2016)
dc.subject Statistika
dc.subject multidimensional scaling, e-commerce, nonmetric, spatial map.
dc.title Penerapan Teknik Multidimensional Scaling Non-Metrik untuk Melihat Persepsi Konsumen Terhadap Situs E-Commerce
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type Artikel yang dipeer-review
dc.type Kuantitatif
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account