Abstract:
Diferensiasi Produk merupakan salah satu metode atau cara mensiasati
keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan untuk memenangkan pasar dengan
memberikan banyak alternatif pilihan, baik dari segi teknologi maupun kualitas
kepada nasabah atau produk yang dibutuhkan. Diferensiasi produk pada dasarnya
memberikan perubahan terhadap produk yang ada saat ini, disesuaikan dengan
selera pasar. Apabila perubahan akan selera pasar dapat dipenuhi oleh perusahaan,
maka akan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka disimpulkan rumusan masalah
yang Pertama, Bagaimana pelaksanaan strategi diferensiasi produk? Kedua,
Bagaimana kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago ?
dan Ketiga, Bagaimana pengaruh atas diferensiasi produk terhadap kepuasan
nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan verifikatif, yaitu penelitian suatu metode dalam meneliti status
kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun
suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif bertujuan
untukmenguji kebenaran suatu hipotesis atau fenomena yang dilakukan dengan
cara mengumpulkan data dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
tehnik probability sampling dalam penentuan sampel untuk kuesioner pada
nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago. Metode analisis statistik
yang digunakan dengan deskriptif analisis dan regresi linier sederhana.
Diferensiasi produk telah dilakukan dengan baik di Bank Syariah Mandiri
Kantor Cabang Dago sehingga muncul beberapa produk yang menjadi ciri khas
dari bank tersebut, contoh dari hasil penerapan diferensiasi produk adalah
tabungan investa cendekia. Kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor
Cabang Dago pada tahun 2010-2014 mengalami fluktuatif. Berdasarkan hasil
penelitian diferensiasi produk berpengaruh secara signifikan karena nilai thitung
lebih besar ttabel (2,314>1,290) terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien
regresi sebesar 0,532 dengan besarnya koefisien determinasi sebesar 5,24%.